Oppo Disebut Kembangkan Prosesor Gambar Sendiri

Kompas.com - 06/07/2021, 14:03 WIB
Tampilan punggung Oppo Find X3 Pro. Kompas.com/Wahyunanda KusumaTampilan punggung Oppo Find X3 Pro.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Tak hanya memproduksi ponsel, sejumlah vendor smartphone juga melakukan riset dan pengembangan (R&D) teknologi yang dapat diusung di perangkat besutan masing-masing.

Di sektor fotografi, perusahaan-perusahaan smartphone ini juga terus menggodok teknologi kamera, salah satunya Oppo yang mengembangkan computational photography untuk mengambil video di Reno6 yang diklaim pertama di dunia.

Tak sekadar software, Oppo juga kini dikabarkan akan menggarap hardware kamera yang berfungsi untuk memproses gambar dari kamera (Image Signal Processor/ISP).

Informasi ini muncul dari sebuah unggahan pembocor gadget kenamaan asal China, Digital Chat Station, di salah jejaring sosial Weibo.

Menurut dia, ISP buatan Oppo yang tengah dikembangkan ini bakal digunakan untuk meningkatkan kualitas kamera ponsel bikinan perusahaan asal China tersebut lebih lanjut secara leluasa.

Baca juga: Oppo Reno6 Andalkan Computational Photography untuk Merekam Video, Apa Itu?

Saat ini, Oppo sendiri selalu menggunakan ISP buatan perusahaan lain, seperti Qualcomm Spectra 580 ISP untuk Find X3 Pro versi Indonesia, atau Sony IMX766 untuk Find X3 Pro versi global.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai informasi, ISP adalah prosesor khusus di dalam SoC yang bertanggung jawab untuk urusan pengolahan gambar. Fungsi ISP berbeda dengan GPU yang bertugas untuk mengolah grafis untuk ditampilkan di layar perangkat.

Dengan kabar terbaru ini, maka ada kemungkinan ponsel Find X4 Series atau Find X5 Series bakal memiliki teknologi kamera yang sepenuhnya mengandalkan ISP dari Oppo.

Tak menutup kemungkinan juga ISP hasil pengembangan Oppo itu bakal hadir di berbagai perangkat OnePlus, setelah kedua perusahaan tersebut bergabung pada Juni lalu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Selasa (6/7/2021).

Meski demikian, kabar ini belum dikonfirmasi oleh perusahaan rintisan Tony Chen tersebut. Mereka juga belum mengumbar nama atau bagaimana bentuk dan spesifikasi ISP itu, jika memang ada.

Baca juga: Bocoran Oppo Reno6 Indonesia, Beda dengan Versi Global, Punya Kamera 64 MP

Yang jelas, kabar ini muncul setelah salah satu kompetitor Oppo, Xiaomi, mengumumkan ISP terbaru bikinan perusahaan ini yang diberi nama Surge C1 akhir Maret lalu.

Surge C1 diklaim memiliki beberapa keunggulan yang mengandalkan kombinasi algoritma 3A (Auto Focus, Accurate White Ballance, dan Automatic Exposure).

Adapun ISP tersebut disinyalir bakal debut di ponsel lipat pertama Xiaomi, Mi Mix Fold. Namun, tanggal peluncuran ponsel tersebut masih misterius.



Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X