Windows 11 Berhasil Diinstal di Smartphone, Begini Tampilannya

Kompas.com - 07/07/2021, 13:02 WIB
Ilustrasi Windows 11. TheVergeIlustrasi Windows 11.

KOMPAS.com - Bagaimana jadinya jika Windows 11 yang baru saja diperkenalkan Microsoft, diinstal ke dalam sebuah ponsel?

Itulah yang dilakukan seorang mahasiswa asal Prancis bernama Gustave Monce. Ia bersama rekannya, Bingxing Wang dan mahasiswa lainnya berhasil memasang Windows 11 di sebuah ponsel. 

Ponsel yang digunakan adalah Lumia 950 XL, salah satu smartphone yang menggunakan sistem operasi Windows 10.

Dalam sebuah video di akun YouTube-nya, Monce memperlihatkan Windows 11 yang dapat berjalan dengna mulus di perangkat dengan layar 5,7 inci tersebut. 

Baca juga: Begini Tampilan Error di Windows 11, Bukan Lagi Blue Screen

"Semuanya benar-benar dimulai sejak 5 tahun yang lalu, ketika Windows 10 Mobile hampir usang. Kami sekarang adalah tim yang terdiri dari sekitar 15 orang dan kami telah membuat banyak kemajuan," kata Monce.

Menurut Monce, ia dan rekannya melakukan porting, merekayasa serta menulis ulang driver  mereka sendiri agar Windows 11 bisa berjalan di ponsel tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (7/7/2021), Monce mengaku bahwa ini merupakan salah satu pencapaian terbaru sejak dirinya menekuni hobi mengotak-atik smartphone selama lima tahun terakhir.

Tampilan Windows 11 yang diinstal di ponsel itu pun terbilang mirip dengan versi desktop. Jendela aplikasi bisa dibuka dengan ukuran yang lebih kecil (resize) untuk memudahkan multitasking.

Monce juga memamerkan saat ia membagi tampilan layar dengan memuat dua jendela aplikasi sekaligus. Meski demikian, kecepatan animasi gambar atau transisi antar menu Windows 11 tersebut masih belum terlalu mulus.

Tampilan Windows 11 di perangkat smartphoneyoutube/GustaveMonce Tampilan Windows 11 di perangkat smartphone
Saat beralih ke mode landscape, taskbar dan menu Start terlihat berada di sisi tengah, serupa tampilan Windows 11 desktop. Item seperti jam, koneksi, atau baterai letaknya juga sama yaitu berada di sisi kanan taskbar.

Baca juga: Daftar Lengkap Tombol Shortcut di Windows 10

Sementara, saat mengubah tampilan ponsel ke mode potrait, menu Start akan bergeser ke pojok kiri.

Sebelumnya, Monce mengklaim bahwa dirinya adalah salah satu orang pertama yang berhasil menjalankan sistem operasi Windows 10 di ponsel Lumia 950s pada 2016 lalu.

Proyek bernama Lumia WOA Project yang dilakukan oleh Monce dan tim-nya tersebut kini ditulis dalam sebuah situs yang ulasannya bisa dilihat di tautan berikut.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X