Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan 200 MP, Inikah Resolusi Kamera Utama Galaxy S22 Ultra?

Kompas.com - 07/07/2021, 14:02 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Santer beredar kabar bahwa suksesor Samsung Galaxy S21 Ultra, yang konon bakal bernama Galaxy S22 Ultra, bakal hadir dengan kamera utama dengan sensor gambar ISOCELL 200 MP.

Kini, rumor tersebut dibantah oleh pembocor ulung IceUniverse, yang gemar berbagi kabar seputar gadget dan fitur terbaru perangkat Samsung yang akan datang.

Menurut dia, Galaxy S22 Ultra masih akan menggunakan sensor gambar yang sama dengan Galaxy S21 Ultra, yaitu ISOCELL HM3, namun kinerja dan performanya bakal ditingkatkan.

Tidak disebutkan apa aspek yang akan diperbarui dari sensor gambar ISOCELL 108 MP generasi ketiga tersebut.

Baca juga: Bocoran Kamera Samsung Galaxy S22, Bakal Punya Megapiksel Tinggi?

Yang jelas, apabila kabar itu akurat, maka Samsung tampaknya tidak akan ikut serta dalam persaingan "perang megapiksel", di mana vendor smartphone berlomba-lomba untuk menghadirkan kamera ponsel beresolusi tinggi.

Sekadar informasi, sebelum meningkatkan resolusi kamera utama ke 108 MP lewat Galaxy S20 Ultra, Samsung sendiri selalu menggunakan kamera utama 12 MP di sejumlah perangkat Galaxy S Series mereka, seperti Galaxy S8 hingga Galaxy S20 versi "reguler". 

Samsung sebenarnya sempat menyematkan kamera dengan resolusi di atas 12 MP, sebelum langsung "lompat" ke 108 MP. Namun, fungsinya bukan untuk kamera utama.

Beberapa di antaranya mencakup 16 MP untuk kamera ultrawide di Galaxy S10, 48 MP untuk kamera periskop di Galaxy S20 Ultra, hingga 64 MP untuk kamera telefoto di Galaxy S20.

 Baca juga: Kamera Galaxy S22 Bakal Pakai Teknologi Olympus?

Kembali lagi ke Galaxy S22 Ultra, penggunaan sensor gambar ISOCELL HM3 ini, menurut sejumlah laporan, merupakan langkah bagus, jika rumor dari IceUniverse tadi benar adanya.

Sebab, sensor gambar ISOCELL 200 MP sejatinya bakal memiliki jumlah piksel yang banyak dibanding ISOCELL 108 MP.

Sebagai efeknya, sensor kamera tersebut akan memiliki sensitivitas cahaya lebih rendah sehingga akan menghasilkan efek noise (bintik foto) yang lebih tinggi, terlebih ketika merekam video, dihimpun KompasTekno dari SamMobile, Rabu (7/7/2021).

Beralih ke hal lain, selain sensor gambar, Galaxy S22 Ultra konon bakal turut dibekali dengan kamera periskop yang ditingkatkan dengan kemampuan continuous zoom, serta kamera selfie yang sudah dibenamkan di bawah permukaan layar (under-display).

Terlepas dari itu, pihak Samsung sendiri belum mengonfirmasi kabar ini dan detail terkait suksesor dari Galaxy S21 Series, yang salah satunya diduga bakal bernama Galaxy S22 Ultra tersebut. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SamMobile


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com