RAM atau Chipset, Mana yang Lebih Penting Saat Memilih Smartphone?

Kompas.com - 07/07/2021, 19:09 WIB
Ilustrasi smartphone. Digit.inIlustrasi smartphone.

KOMPAS.com - Random Access Memory (RAM) dan chipset biasanya merupakan dua dari sekian banyak hal yang dipertimbangkan pengguna sebelum membeli smartphone.

Sebab, keduanya merupakan komponen penting untuk menunjang kinerja sebuah perangkat smartphone.

Biasanya, ponsel flagship dengan chipset tangguh juga dibekali dengan RAM besar. Sebut saja berbagai ponsel flagship masa kini yang selalu dibekali System-on-Chip (SoC) kelas atas dan RAM jumbo, macam Oppo Find X3 Pro (Snapdragon 888 + RAM 12 GB).

Namun, hal itu tidak selalu menjadi patokan. Pasalnya, ada situasi di mana pengguna bakal bingung, apakah harus memilih chipset tangguh atau kapasitas RAM yang besar sebelum membeli smartphone,

Baca juga: Fungsi RAM di HP dan Alasan RAM Android Harus Besar

Kondisi seperti ini biasanya terjadi di segmen ponsel kelas menengah dan bawah, di mana harga juga akan menjadi pertimbangan tambahan dalam meminang perangkat favoritnya.

Contohnya, ada dua smartphone (ponsel A dan ponsel B) yang sama-sama dibekali dengan SoC Dimensity 700 5G.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, konfigurasi RAM-nya berbeda, yaitu 6 GB untuk ponsel A dan 8 GB untuk ponsel B. Pengguna juga mungkin bakal bingung apabila harganya tidak jauh berbeda.

Lalu, ada juga situasi di mana ponsel A dan ponsel B kompak dibekali dengan RAM 8 GB, namun keduanya memiliki chipset berbeda, yaitu Snapdragon 439 dan Snapdragon 720.

Lantas, manakah yang lebih penting, chipset atau RAM? Sebelum membeli, ada baiknya untuk mengetahui apa tugas RAM dan chipset, serta hubungannya terhadap performa smartphone.

Apa tugas chipset?

Chipset Qualcomm Snapdragon 888.Qualcomm Chipset Qualcomm Snapdragon 888.

Chipset (SoC) merupakan "otak" dari sebuah smartphone. Artinya, semakin tangguh chipset, maka ponsel juga akan semakin "pintar" dan gesit memproses berbagai hal, mulai dari pengoperasian antarmuka (UI), aplikasi, gambar, video, kamera, dan masih banyak lagi.

Untuk menopang performa ponsel, chipset atau SoC sendiri terdiri dari berbagai komponen chip lain, seperti prosesor (CPU), pengolah grafis (GPU), penunjang kinerja AI (NPU), dan lain sebagainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.