Foto dan Video "Rahasia" di Ponsel Android Bisa Disembunyikan, Begini Caranya

Kompas.com - 08/07/2021, 06:38 WIB
Ilustrasi aplikasi untuk menyembunyikan foto dari galeri ponsel Android. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoIlustrasi aplikasi untuk menyembunyikan foto dari galeri ponsel Android.

KOMPAS.com - Setiap foto dan video yang pengguna ambil menggunakan kamera ponsel, pasti akan langsung tersimpan di galeri foto. Begitu pula ketika mengunduh gambar dan video dari internet.

Kadangkala dari kumpulan foto dan video di galeri itu ada sejumlah konten "rahasia", entah karena bersifat pribadi atau mengandung informasi sensitif, sehingga tak ingin dilihat oleh orang lain.

Apapun alasannya, pengguna sebenarnya bisa dengan mudah menyembunyikan foto dari galeri ponsel Android. Beberapa ponsel seperti Samsung, Realme, dan LG bahkan memiliki fitur bawaan untuk menyembunyikan foto dan video dari galeri.

Baca juga: Cara Cek Garansi HP Oppo, Samsung, Vivo, Realme, Xiaomi, dan Asus

Bagi pengguna yang diponselnya tidak memiliki fitur bawaan untuk menyembunyikan foto, tak perlu berkecil hati. Sebab, pengguna bisa men-download aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan foto dan video dari galeri.

Berikut KompasTekno rangkumkan beberapa cara menyembunyikan foto dari galeri ponsel Android, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari MakeUseOf, Kamis (8/7/2021).

Cara menyembunyikan foto dan video di ponsel Samsung

Pengguna perangkat Samsung dengan OS Android 7.0 atau yang lebih baru bisa menggunakan fitur "Secure Folder" untuk menyembunyikan foto atau video."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cara Pakai Fitur Terbaru WhatsApp, Foto Hilang Sendiri Setelah Dilihat

Berdasarkan pengalaman KompasTekno menggunakan Samsung Galaxy M62 yang menjalankan OS Android 11, caranya adalah sebagai berikut.

  • Buka menu Settings > Biometrics and security > Secure Folder. Bila tak mau ribet, pengguna bisa langsung mencari "Secure Folder" di kolom pencarian Settings.
  • Saat pertama kali mengakses Secure Folder, pengguna diminta untuk login ke akun Samsung.
  • Setelah itu, pengguna bisa memilih metode penguncian yang ingin digunakan, apakah menggunakan PIN, pola, password, atau fingerprint.
  • Pengguna juga perlu mengatur otomatisasi penguncian "Secure Folder" ke opsi "each time I leave an app". Dengan memilih opsi ini, maka "Secure Folder" akan otomatis terkunci bila pengguna keluar dari aplikasi "Secure Folder".
  • Untuk memindahkan foto atau video ke "Secure Folder", pengguna tinggal membuka foto atau video di galeri. Kemudian, klik titik tiga vertikal di pojok kanan bawah layar > "move to secure folder".
  • Foto atau video akan otomatis disembunyikan di Secure Folder yang sudah dilindungi kata sandi tadi.
  • "Secure Folder" bisa langsung diakses melalui laci aplikasi di ponsel. Pengguna perlu memasukkan kata sandi yang dipilih setiap ingin mengakses "Secure Folder".

Cara menyembunyikan foto dan video di ponsel Realme

Cara menyembunyikan foto dari galeri ponsel Realme, menggunakan fitur Private Safe.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara menyembunyikan foto dari galeri ponsel Realme, menggunakan fitur Private Safe.

Di ponsel Realme 6 Pro yang menjalankan Android 10, KompasTekno bisa menyembunyikan foto atau video dengan mengakses fitur "Private Safe". Caranya sebagai berikut. 

  • Buka menu Settings > Privacy > Private Safe. Pengguna perlu menyetel kata sandi (PIN, pola, password, fingerprint) untuk melindungi folder.
  • Selain itu, pengguna juga bisa mengatur pertanyaan keamanan dan e-mail pemulihan, bila sewaktu-waktu pengguna lupa kata sandi.
  • Untuk menyembunyikan foto atau video ke "Private Safe", pengguna hanya perlu membuka foto atau video di galeri. Kemudian, klik titik tiga vertikal di pojok kanan bawah layar > "set as private".
  • Foto atau video akan otomatis disembunyikan di Private Safe yang sudah dilindungi kata sandi tadi.

Berbeda dari ponsel Samsung, pengguna Realme hanya bisa melihat foto, video, atau dokumen lain yang disembunyikan dengan mengunjungi fitur "Private Save" di menu Settings.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X