Ini Cara Tencent Berantas Kecanduan Game di Platformnya

Kompas.com - 08/07/2021, 12:05 WIB
Ilustrasi GizmodoIlustrasi

KOMPAS.com - Kecanduan adalah salah satu efek negatif dari bermain game. "Penyakit" ini bisa melanda siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Kini, Tencent memiliki sebuah solusi untuk mengatasi kecanduan game pada anak-anak dan remaja, yaitu menggunakan teknologi pemindaian wajah atau facial recognition.

Dinamai "Midnight Patrol", Tencent bakal memantau pemain-pemainnya yang begadang atau memainkan game antara pukul 22.00 - 08.00.

Ketika mereka memainkan seluruh game besutan Tencent di periode tersebut dalam durasi yang cukup lama, maka Tencent bakal mewajibkan pengguna untuk memindai wajah mereka.

Baca juga: WHO Tetapkan Kecanduan Game sebagai Masalah Kesehatan

Tidak disebutkan berapa durasi bermain yang dikategorikan "cukup lama" oleh Tencent. Satu hal yang pasti, apabila pengguna terdeteksi berumur di bawah 18 tahun, maka mereka akan "ditendang" keluar dari game dan dipaksa offline.

Adapun pendeteksian wajah sendiri mengandalkan teknologi kecerdasan buatan (AI), dan sistem tersebut diatur untuk terus mempelajari wajah pengguna dan upaya mereka yang hendak mengelabui sistem.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian, tidak dijelaskan apakah Midnight Patrol ini bakal disematkan dalam game melalui sebuah fitur, atau pengguna harus memasang aplikasi lain yang berfungsi untuk memindai wajah mereka.

Yang jelas, mekanisme pemantauan durasi bermain game teranyar ini diterapkan pasca pemerintah China memperkenalkan peraturan baru untuk memberantas kecanduan game di sana.

Baca juga: Aplikasi Ini Bisa Bantu Atasi Kecanduan Media Sosial

Peraturan ini sendiri muncul karena kekhawatiran otoritas setempat yang belakangan banyak menemukan kasus terkait kecanduan game, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gamespot, Kamis (8/7/2021).

Selain wajib memindai wajah mereka, peraturan ini juga mengharuskan pemain untuk menggunakan nama asli mereka ketika membuat sebuah akun game. Sehingga, riwayat dan durasi bermainnya bisa dipantau, khususnya untuk pengguna di bawah umur.

Karena dibuat untuk menyesuaikan peraturan di China, Midnight Patrol kemungkinan besar hanya akan berlaku di "Negeri Tirai Bambu". Belum diketahui apakah kebijakan tersebut bakal diterapkan ke game-game Tencent yang dirilis di luar China atau tidak.



Sumber Gamespot
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X