Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Gulirkan #TikTokResume untuk Lamar Pekerjaan

Kompas.com - 08/07/2021, 13:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah sukses menjelma menjadi platform berbagai video pendek populer, TikTok kini mulai melebarkan sayapnya dengan menyediakan berbagai layanan lain di aplikasinya.

Setelah dikabarkan siap merambah ke layanan e-commerce untuk bersaing dengan Facebook Shop dan Instagram Shop, kini TikTok juga dikabarkan bersiap terjun ke layanan perekrutan kerja, seperti LinkedIn.

Hal ini terlihat dari fitur baru yang diluncurkan oleh anak perusahaan ByteDance ini, bernama #TikTokResumes. Fitur ini diluncurkan sebagai program percontohan melamar kerja via video TikTok.

Baca juga: Deretan Inovasi Instagram yang Terinspirasi dari Snapchat, TikTok, dan YouTube

"Kami senang meluncurkan "TikTok Resumes" sebagai program percontohan yang dirancang untuk terus memperluas dan meningkatkan layanan TikTok sebagai saluran baru untuk menemukan dan rekrutmen pekerjaan," tulis TikTok di laman TikTok Newsroom.

TikTok mengatakan, program percontohan perekrutan kerja melalui fitur #TikTokResumes ini melibatkan 34 perusahaan ternama asal AS, seperti Chipotle, Target, WWE, Alo Yoga, Shopify, Contra, Movers+Shakers, dan lain sebagainya.

Pengguna bisa menemukan lowongan pekerjaan di posisi entery level hingga eksekutif yang dibuka oleh 34 mitra perusahaan itu di situs tiktokresumes.com.

Setelah menemukan lowongan pekerjaan yang diinginkan, pengguna bisa membuat resume dalam video TikTok. Dalam video itu, pengguna bisa sekreatif mungkin menjelaskan pengalaman kerja dan kemampuan yang dimilikinya. Pengguna juga wajib mencantumkan tagar #TikTokResumes di caption video.

@makena.yee

Here are the reasons why YOU should hire me! Don’t be shy, let’s get in touch. #tiktokresumes #tiktokpartner

? original sound - MAKENA
@coop.cm

Tiktok do your thing! Check out ?? #TikTokResumes #TikTokPartner #productmanagment #jobsearch #graduated

? original sound - Christian ????

Selain itu, video TikTok yang diperuntukkan untuk melamar kerja itu harus bisa diakses oleh publik, dan tidak boleh dihapus dari platform setidaknya selama sebulan, sebagaimana dihimpun dari 9to5mac.

Baca juga: Di Masa Depan, Tidak Ada Pekerjaan?

Untuk tahap awal, pengguna bisa mengirimkan lamaran pekerjaannya dengan fitur #TikTokResumes mulai dari 7 Juli hingga 31 Juli.

Fitur #TikTokResumes ini baru bisa dijajal oleh pengguna di Amerika Serikat saja. Kendati demikian, karena merupakan program percontohan, tak menutup kemungkinan TikTok juga akan meluncurkan fitur #TikTokResumes di negara lainnya.

TikTok percaya, seiring dengan berkembangnya, karier di bidang konten kreatif, platformnya bisa dijadikan sebagai cara baru untuk menemukan kandidat pegawai yang berbakat.

"Video pendek dan kreatif, dikombinasikan dengan alat kreasi bawaan TikTok yang mudah digunakan, secara organik menciptakan cara baru untuk menemukan kandidat berbakat dan peluang karier," tulis Tiktok, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TikTok Newsroom, Kamis (8/7/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com