Kompas.com - 08/07/2021, 13:03 WIB
Ilustrasi TikTok2 India TVNewsIlustrasi TikTok2

KOMPAS.com - Setelah sukses menjelma menjadi platform berbagai video pendek populer, TikTok kini mulai melebarkan sayapnya dengan menyediakan berbagai layanan lain di aplikasinya.

Setelah dikabarkan siap merambah ke layanan e-commerce untuk bersaing dengan Facebook Shop dan Instagram Shop, kini TikTok juga dikabarkan bersiap terjun ke layanan perekrutan kerja, seperti LinkedIn.

Hal ini terlihat dari fitur baru yang diluncurkan oleh anak perusahaan ByteDance ini, bernama #TikTokResumes. Fitur ini diluncurkan sebagai program percontohan melamar kerja via video TikTok.

Baca juga: Deretan Inovasi Instagram yang Terinspirasi dari Snapchat, TikTok, dan YouTube

"Kami senang meluncurkan "TikTok Resumes" sebagai program percontohan yang dirancang untuk terus memperluas dan meningkatkan layanan TikTok sebagai saluran baru untuk menemukan dan rekrutmen pekerjaan," tulis TikTok di laman TikTok Newsroom.

TikTok mengatakan, program percontohan perekrutan kerja melalui fitur #TikTokResumes ini melibatkan 34 perusahaan ternama asal AS, seperti Chipotle, Target, WWE, Alo Yoga, Shopify, Contra, Movers+Shakers, dan lain sebagainya.

Pengguna bisa menemukan lowongan pekerjaan di posisi entery level hingga eksekutif yang dibuka oleh 34 mitra perusahaan itu di situs tiktokresumes.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah menemukan lowongan pekerjaan yang diinginkan, pengguna bisa membuat resume dalam video TikTok. Dalam video itu, pengguna bisa sekreatif mungkin menjelaskan pengalaman kerja dan kemampuan yang dimilikinya. Pengguna juga wajib mencantumkan tagar #TikTokResumes di caption video.

@makena.yee

Here are the reasons why YOU should hire me! Don’t be shy, let’s get in touch. #tiktokresumes #tiktokpartner

? original sound - MAKENA
@coop.cm

Tiktok do your thing! Check out ?? #TikTokResumes #TikTokPartner #productmanagment #jobsearch #graduated

? original sound - Christian ????

Selain itu, video TikTok yang diperuntukkan untuk melamar kerja itu harus bisa diakses oleh publik, dan tidak boleh dihapus dari platform setidaknya selama sebulan, sebagaimana dihimpun dari 9to5mac.

Baca juga: Di Masa Depan, Tidak Ada Pekerjaan?

Untuk tahap awal, pengguna bisa mengirimkan lamaran pekerjaannya dengan fitur #TikTokResumes mulai dari 7 Juli hingga 31 Juli.

Fitur #TikTokResumes ini baru bisa dijajal oleh pengguna di Amerika Serikat saja. Kendati demikian, karena merupakan program percontohan, tak menutup kemungkinan TikTok juga akan meluncurkan fitur #TikTokResumes di negara lainnya.

TikTok percaya, seiring dengan berkembangnya, karier di bidang konten kreatif, platformnya bisa dijadikan sebagai cara baru untuk menemukan kandidat pegawai yang berbakat.

"Video pendek dan kreatif, dikombinasikan dengan alat kreasi bawaan TikTok yang mudah digunakan, secara organik menciptakan cara baru untuk menemukan kandidat berbakat dan peluang karier," tulis Tiktok, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TikTok Newsroom, Kamis (8/7/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.