Pengguna Windows Segera Update OS Anda, Ada Celah Berbahaya

Kompas.com - 08/07/2021, 13:59 WIB
ilustrasi Windows user digitaltrends.comilustrasi Windows user
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Microsoft mengimbau seluruh pengguna sistem operasi (OS) Windows untuk memperbarui OS mereka sesegera mungkin. Pasalnya, ada celah keamanan bernama "PrintNightmare" yang membahayakan sistem Windows bernama "Print Spooler".

Sistem ini sendiri sebenarnya bertugas untuk mengizinkan pengguna mengakses dan mengoperasikan sebuah printer.

Meski demikian, apabila celah tersebut dieksploitasi, para peretas (hacker) dapat menyalahgunakan celah tersebut untuk memasang program berbahaya, melihat dan menghapus data, serta membuat akun Windows baru sesuka hati.

Dari sana, hacker lantas bisa menguasai komputer pengguna dan mungkin saja mencuri berbagai data yang ada di dalamnya.

Baca juga: Windows 11 Berhasil Diinstal di Smartphone, Begini Tampilannya

Bug ini ditemukan secara tidak sengaja oleh firma keamanan siber Sangfor. Hingga akhir Mei lalu, bug ini melanda OS Windows berbagai versi, mulai dari Windows 7 hingga Windows 10.

Pihak Microsoft mengatakan bahwa pembaruan keamanan kumulatif (cumulative security update) Out-of-Band (OOB) dengan kode CVE-2021-34527 yang bisa memperbaiki bug PrintNightmare sudah dirilis ke seluruh versi OS Windows secara publik. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami menyarankan Anda untuk segera menginstal pembaruan ini," tulis Microsoft di halaman resminya.

Nah, untuk memperbarui OS mereka, pengguna cukup mengunjungi menu "Control Panel" (Windows 7 atau versi lebih lama) atau "Settings" (Windows 8 atau versi yang lebih baru), lalu mengakses menu "Windows Update".

Di laman Windows Update, pengguna bisa meng-klik tombol "Check for Update", lalu mengunduh dan meng-install pembaruan yang tersedia.

Menurut laman resmi Microsoft, pembaruan tersebut sebenarnya sudah dirilis sejak 6 Juli lalu. Meski demikian, tidak semua versi OS Windows yang akan mendapatkannya pada tanggal tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Microsoft
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X