Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo A16 Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

Kompas.com - 09/07/2021, 10:31 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo resmi menelurkan smartphone A Series terbarunya di Indonesia, Oppo A16. Ponsel tersebut merupakan penerus Oppo A15 yang sudah lebih dulu dijual di Indonesia November 2020 lalu.

PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto mengatakan Oppo A16 membawa keunggulan   baterai berkapasitas besar tanpa mengorbankan tampilannya.

"Dengan baterai besar 5000 mAh, Oppo A16 tetap dapat tampil ramping dan stylish namun tetap memberikan rasa nyaman kepada pengguna untuk tidak khawatir akan kehabisan daya," ujar Aryo dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (9/7/2021).

Tampak depan, Oppo A16 mengusung layar LCD seluas 6,52 inci dengan resolusi HD Plus. Layar ini sudah dilengkapi dengan fitur Eye Care Display untuk melindungi mata dari efek sinar biru.

Pada bagian atasnya, terdapat poni bergaya ala tetesan air (waterdrop) yang memuat kamera selfie 8 MP (f/2.0).

Beralih ke bagian belakang, punggung Oppo A16 terdapat modul kamera persegi panjang yang memuat tiga kamera belakang, terdiri dari kamera utama 13 MP (f/2.2), kamera portrait 2 MP (f/2.4) dan kamera macro 2 MP (f/2.4).

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Oppo A15 di Indonesia

Pada sektor hardware, Oppo A16 mengandalkan chipset MEdiatek Helio G35 yang dipadu dengan RAM 3 GB (LPDDR4X) dan memori internal 32 GB (UFS 2.1). Ruang penyimpanan tersebut bisa diperluas hingga 256 GB dengan kartu microSD.

Seperti yang telah disebutkan Aryo di atas, Oppo A16 dibekali dengan baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh yang diklaim bisa dipakai untuk menonton YouTube tanpa henti selama 21 jam.

Fitur pendukung lainnya mencakup Super Power Saving Mode untuk menghemat baterai, sertifikasi ketahanan air IPX4, serta sistem biometrik pemindai sidik jari (fingerprint) yang sudah dibenamkan bersama tombol power.

Baca juga: Oppo Reno6 Bisa Dibeli di Indonesia 15 Juli

Secara software, ponsel terbaru Oppo yang memiliki dimensi ketebalan 8,4 mm dan bobot 190 gram ini menjalankan sistem operasi Android 11 yang sudah dilapisi dengan tampilan antarmuka khas Oppo, ColorOS 11.1.

Di Tanah Air, Oppo A16 tersedia dalam varian warna Crystal Black dan Space Silver.

Harga Oppo A16 dijual dengan banderol Rp 2 juta. Ponsel ini bakal dijual pada pertengahan Juli ini di seluruh jaringan Oppo Store di Indonesia, baik secara online maupun offline.

Baca juga: Video: Review Oppo Reno5 F, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com