Langkah Berani Apple agar Pengguna iPhone Tidak Dimata-matai

Kompas.com - 09/07/2021, 17:42 WIB
ilustrasi Apple reuters.comilustrasi Apple
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com- Sistem operasi iOS 14.5 untuk iPhone dan iPad dibekali dengan fitur keamanan baru, di mana para pengembang aplikasi harus meminta izin ke pengguna apabila mereka ingin memanfaatkan fitur pelacakan (tracking).

Fitur baru yang bernama App Tracking Transparency (ATT) ini agaknya menjadi momok bagi sejumlah pembuat aplikasi, salah satu yang terbaru adalah TikTok

Bahkan, berdasarkan laporan FinancialTimes, TikTok berupaya mengelabui "tembok" ATT dengan menyematkan sebuah algoritma yang bisa mengidentifikasi perangkat iPhone di China, atau biasa disebut Chinese Advertising ID (CAID).

Nah, pengelabuan sistem privasi ini tentunya dilarang oleh Apple. Oleh karena itu, Apple memilih untuk memblokir seluruh pembaruan aplikasi buatan China di App Store yang menyertakan CAID, termasuk TikTok.

Sebelumnya, banyak pengembang aplikasi yang mengira Apple tidak berani mengambil tindakan demikian.

Sebab, apabila CAID diblokir, maka pengguna iPhone di sana yang menggunakan aneka aplikasi buatan China, macam TikTok, WeChat, dan lain sebagainya, bisa jadi berkurang.

Selain itu, karena CAID merupakan inisiasi dari pemerintah China, pemblokiran juga berpotensi akan membuat "Negeri Tirai Bambu" kesal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Apple Rilis iOS 14.5, Ada Fitur Anti Pelacakan Facebook hingga Emoji Baru

CAID bikin dilema

Kehadiran CAID juga sempat menjadi dilema bagi Apple. Sebab, mereka, menurut laporan FinancialTimes, dihadapkan pada dua opsi yang bisa dibilang tidak ada yang menguntungkan.

Opsi pertama adalah rela kehilangan pengguna iPhone di China karena memblokir pembaruan aplikasi yang menyematkan CAID. Sementara opsi kedua mengizinkan CAID tetap berjalan namun mengorbankan image perusahaan mereka terkait privasi.

Namun, Apple bersikeras dan tetap memblokir CAID dengan mengambil opsi pertama. Apple ingin ATT benar-benar melindungi privasi seluruh penggunanya, terutama perangkat yang menjalankan iOS 14.5 ke atas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X