Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Play Tidak Lagi Mendukung Ponsel Android Jelly Bean

Kompas.com - 12/07/2021, 12:07 WIB
Conney Stephanie,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mulai akhir Agustus 2021 mendatang, Google menghentikan pembaruan (update) Google Play Services di sejumlah ponsel Android yang masih menggunakan sistem operasi Jelly Bean.

Penghentian dukungan untuk Android 4.x tersebut mulai dilakukan akhir Agustus 2021, setelah Google Play Services versi 21.30.99 dirilis.

Ini artinya, ponsel Jelly Bean masih tetap bisa digunakan tetapi tidak bisa menggunakan layanan dan aplikasi-aplikasi terbaru yang menggunakan Google Play Services versi tersebut.

Google Play Services sendiri merupakan "otak" dari sistem operasi Android. Layanan ini bisa disebut sebagai pusat segala layanan Google yang mengatur berbagai hal, mulai dari aplikasi, notifikasi, baterai, hingga hingga proses di background.

Product Manager Google Play Service, Vikas Kansal mengatakan bahwa Google Play Services  versi terbaru tersebut hanya mendukung smartphone yang menggunakan sistem operasi minimum Android KitKat (4.4).

Lewat publikasi di blog resmi perusahaan, disebutkan ponsel yang tidak akan dilanjutkan untuk mendukung Google Play Services terbaru adalah smartphone Android dengan OS Jelly Bean versi 4.1, 4.2, dan 4.3.

Dalam istilah level API, ketiga sistem operasi Android tersebut merupakan urutan dari 16 hingga 18.

Baca juga: RAM atau Chipset, Mana yang Lebih Penting Saat Memilih Smartphone?

Sistem operasi Android Jelly Bean sendiri pertama kali dirilis oleh Google pada 2012 lalu. Menurut Vikas, jumlah perangkat aktif yang masih menjalankan OS tersebut hanya tersisa kurang dari 1 persen.

"Perangkat Android dengan API level kurang dari 19 persentasenya sangat kecil. Kami yakin perangkat lama (Jelly Bean) ini sudah tidak banyak digunakan lagi," tutur Vikas, seperti dikutip KompasTekno dari blog Google, Senin (12/7/2021).

"Jika aplikasi Anda masih banyak digunakan di perangkat lama, Anda bisa menggunakan dukungan APK multiple di Google Play untuk menyediakan APK yang menggunakan Google Play Services 21.30.99," lanjut Google, kepada programer aplikasi.

Untuk tetap mendukung Play Services, Google menyarankan developer untuk menaikkan level API aplikasi buatannya ke minimal level 19 yang dipakai di Android KitKat.

Baca juga: Selamat Tinggal File APK Android

Bagi pengguna, untuk memastikan dan melihat sistem operasi apa yang terpasang di perangkat Android, Anda bisa mengecek terlebih dulu dengan cara membuka menu "Settings", kemudian pilih opsi "About Phone".

Setelah itu, pengguna akan disodorkan dengan tampilan yang memuat segala informasi tentang smartphone, termasuk versi OS Android yang digunakan ponsel. Perlu dicatat, kemungkinan langkahnya akan sedikit berbeda di masing-masing merek ponsel Android.

Baca juga: Fungsi RAM di HP dan Alasan RAM Android Harus Besar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com