Google Play Tidak Lagi Mendukung Ponsel Android Jelly Bean

Kompas.com - 12/07/2021, 12:07 WIB
Patung robot hijau berisi Jelly Bean ini berdiri tegak di salah satu bagian Android Lawn di kantor Google Wicaksono Surya Hidayat/KOMPAS.comPatung robot hijau berisi Jelly Bean ini berdiri tegak di salah satu bagian Android Lawn di kantor Google

KOMPAS.com - Mulai akhir Agustus 2021 mendatang, Google menghentikan pembaruan (update) Google Play Services di sejumlah ponsel Android yang masih menggunakan sistem operasi Jelly Bean.

Penghentian dukungan untuk Android 4.x tersebut mulai dilakukan akhir Agustus 2021, setelah Google Play Services versi 21.30.99 dirilis.

Ini artinya, ponsel Jelly Bean masih tetap bisa digunakan tetapi tidak bisa menggunakan layanan dan aplikasi-aplikasi terbaru yang menggunakan Google Play Services versi tersebut.

Google Play Services sendiri merupakan "otak" dari sistem operasi Android. Layanan ini bisa disebut sebagai pusat segala layanan Google yang mengatur berbagai hal, mulai dari aplikasi, notifikasi, baterai, hingga hingga proses di background.

Product Manager Google Play Service, Vikas Kansal mengatakan bahwa Google Play Services  versi terbaru tersebut hanya mendukung smartphone yang menggunakan sistem operasi minimum Android KitKat (4.4).

Lewat publikasi di blog resmi perusahaan, disebutkan ponsel yang tidak akan dilanjutkan untuk mendukung Google Play Services terbaru adalah smartphone Android dengan OS Jelly Bean versi 4.1, 4.2, dan 4.3.

Dalam istilah level API, ketiga sistem operasi Android tersebut merupakan urutan dari 16 hingga 18.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: RAM atau Chipset, Mana yang Lebih Penting Saat Memilih Smartphone?

Sistem operasi Android Jelly Bean sendiri pertama kali dirilis oleh Google pada 2012 lalu. Menurut Vikas, jumlah perangkat aktif yang masih menjalankan OS tersebut hanya tersisa kurang dari 1 persen.

"Perangkat Android dengan API level kurang dari 19 persentasenya sangat kecil. Kami yakin perangkat lama (Jelly Bean) ini sudah tidak banyak digunakan lagi," tutur Vikas, seperti dikutip KompasTekno dari blog Google, Senin (12/7/2021).

"Jika aplikasi Anda masih banyak digunakan di perangkat lama, Anda bisa menggunakan dukungan APK multiple di Google Play untuk menyediakan APK yang menggunakan Google Play Services 21.30.99," lanjut Google, kepada programer aplikasi.

Untuk tetap mendukung Play Services, Google menyarankan developer untuk menaikkan level API aplikasi buatannya ke minimal level 19 yang dipakai di Android KitKat.

Baca juga: Selamat Tinggal File APK Android

Bagi pengguna, untuk memastikan dan melihat sistem operasi apa yang terpasang di perangkat Android, Anda bisa mengecek terlebih dulu dengan cara membuka menu "Settings", kemudian pilih opsi "About Phone".

Setelah itu, pengguna akan disodorkan dengan tampilan yang memuat segala informasi tentang smartphone, termasuk versi OS Android yang digunakan ponsel. Perlu dicatat, kemungkinan langkahnya akan sedikit berbeda di masing-masing merek ponsel Android.

Baca juga: Fungsi RAM di HP dan Alasan RAM Android Harus Besar



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X