Fitur Google Meet yang Perlu Diketahui Siswa untuk PJJ, Salah Satunya Bisa Hemat Kuota

Kompas.com - 12/07/2021, 16:46 WIB
Sejumlah pelajar melakukan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Balai Warga RT 05/RW 02 Kelurahan Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (1/9/2020). JAK Wifi adalah program internet gratis dari Pemprov DKI Jakarta yang ditujukan untuk pelajar di permukiman padat penduduk yang kesulitan mengakses internet. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSejumlah pelajar melakukan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Balai Warga RT 05/RW 02 Kelurahan Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (1/9/2020). JAK Wifi adalah program internet gratis dari Pemprov DKI Jakarta yang ditujukan untuk pelajar di permukiman padat penduduk yang kesulitan mengakses internet.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Tahun ajaran 2021/2022 akan segera dimulai pada Juli ini. Namun, rencana pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas tampaknya belum bisa dilaksanakan secara menyeluruh.

Sebab, pemerintah mewajibkan satuan pendidikan di zona merah atau yang terkena imbas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara daring (online).

Salah satu platform yang biasa digunakan untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah Google Meet. Dalam platform video telekonferensi tersebut, ada sejumlah fitur yang perlu diketahui siswa untuk mendukung proses Pembelajaran Jarak Jauh. Apa saja?

1. Mute mikrofon, menyematkan video, dan mengirimkan pertanyaan

Mematikan mikrofon, menyematkan video guru ke tampilan utama, serta melontarkan pertanyaan atau komentar di kolom percakapan.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Mematikan mikrofon, menyematkan video guru ke tampilan utama, serta melontarkan pertanyaan atau komentar di kolom percakapan.
Fitur pertama yang perlu diketahui adalah cara mematikan mikrofon atau video. Hal ini berguna untuk membuat suasana PJJ menjadi kondusif, terlebih jika guru sedang menjelaskan sebuah materi.

Untuk mematikan mikrofon atau video, Anda cukup meng-klik ikon "mikrofon" atau "video" yang berada di sebelah kiri bawah tampilan utama Google Meet hingga berubah menjadi merah.

Baca juga: 3 Cara untuk Menjadwalkan Rapat di Google Meet

Agar PJJ lebih fokus, Anda juga bisa menyematkan video guru ke tampilan utama Google Meet dengan cara meng-klik ikon "Show everyone", meng-klik ikon "tiga titik" di sebelah kanan nama guru Anda, dan memilih menu "Pin to screen".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apabila mikrofon atau video Anda terganggu, atau Anda ingin menanyakan sesuatu kepada guru, Anda juga bisa meng-klik ikon "Chat" yang terletak di toolbar pojok kanan bawah tampilan utama Google Meet.

2. Memburamkan latar belakang video

Cara mengganti tampilan latar belakang video di Google Meet.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara mengganti tampilan latar belakang video di Google Meet.
Fitur selanjutnya yang perlu diketahui adalah cara memburamkan latar belakang video Google Meet.

Fitur ini berguna saat siswa diwajibkan menyalakan video, namun, lokasi tampak terlihat tidak rapi atau tidak kondusif.

Untuk memburamkan latar belakang tampilan video, cukup meng-klik ikon "tiga titik" yang terletak di tengah bawah tampilan utama Google Meet, dan pilih menu "Change Background".

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X