Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Akan Terjadi Kalau Keluar Grup WhatsApp Lebih dari 2 Kali

Kompas.com - 13/07/2021, 11:38 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kecuali mereka yang mengatur setting privasinya agar tak sembarangan diundang, siapapun bisa ditambahkan ke dalam sebuah grup oleh administratornya tanpa minta izin terlebih dahulu.

Orang yang ditambahkan pun bisa merasa kurang nyaman sehingga memutuskan keluar dari grup. Selain ini ada banyak alasan lain untuk hengkang, seperti misalnya bertengkar dengan anggota grup lain meskipun sudah sama-sama lama bergabung di sana.

Jika baru sekali keluar, admin bisa menambahkannya lagi ke dalam grup di saat itu juga. Namun bagaimana jika si mantan anggota grup keluar dua kali? Bisakah admin menambahkannya di grup lagi?

Baca juga: Cara agar Tidak Dimasukkan ke Grup WhatsApp Tanpa Izin

Menurut keterangan di laman pusat bantuan WhatsApp, admin tetap bisa menambahkan mantan pengguna yang sudah dua kali keluar grup WhatsApp ke dalam grup yang sama lagi.

Hanya saja, admin harus menunggu selama 24 jam untuk menambahkannya lagi sebagai anggota grup.

Apabila pengguna masuk kembali ke grup yang sama dan keluar lagi untuk ketiga kali, maka waktu tunggu bagi admin untuk memasukannya ke grup lagi akan semakin lama.

"Setiap kali Anda keluar dari grup, waktu tunggu yang harus Anda lalui sebelum admin dapat menambahkan Anda kembali ke grup akan meningkat secara eksponensial," tulis WhatsApp di laman tersebut, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (13/7/2021).

Artinya, semakin sering keluar dari grup, maka waktu tunggu akan semakin bertambah lama. Adapun waktu tunggu maksimal adalah 81 hari atau hampir tiga bulan sejak kali terakhir meninggalkan grup.

Baca juga: Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Perlu Save Nomor

Setelah 81 hari, tidak diketahui apakah pengguna tidak akan bisa diundang lagi ke grup yang sama selamanya atau berlaku pemutihan.

Jika tidak sabar, admin bisa mengirimkan undangan grup secara pribadi ke mantan anggota.
Itu berarti kendali ada di tangan pengguna, apakah bersedia kembali masuk grup yang sudah dua kali ditinggalkan atau tidak.

Cara membuat link undangan grup WhatsApp

Untuk membuat tautan undangan ke grup WhatsApp, silakan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pertama, buka salah satu grup chat, lalu klik ikon tiga titik di pojok kanan atas.
  2. Kemudian pilih opsi "Group Info".
  3. Setelah di-klik, akan muncul sejumlah keterangan dan rincian informasi lainnya dari grup tersebut.
  4. Scroll ke bawah hingga menemumkan opsi "Invite via Link".
  5. Selanjutnya, Anda akan melihat sebuah link (tautan) di bagian atas.
  6. Untuk mengundang peserta lain masuk ke dalam grup Anda, link tersebut bisa dibagikan secara langsung dengan beberapa cara seperti "Copy Link", "Share Link", atau "Send Link via WhatsApp".

    Cara membuat link WhatsApp untuk masuk ke dalam grupKOMPAS.com/ConneyStephanie Cara membuat link WhatsApp untuk masuk ke dalam grup

https://faq.whatsapp.com/general/how-to-rejoin-a-group-chat/?lang=id

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com