Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Shorts Mulai Bisa Dijajal di Indonesia, Saingan TikTok dan Reels

Kompas.com - 13/07/2021, 12:38 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAScom - YouTube menggulirkan fitur video pendek bernama Shorts di India dan Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Platform berbagi video belakangan memperluas sebaran fitur Shorts ke lebih banyak negara.

Shorts adalah fitur pesaing TikTok yang memungkinkan pengguna YouTube mengunggah video pendek berdurasi 15-60 detik, lengkap dengan musik latar. Reels dari Instagram juga memiliki kemampuan yang mirip.

"Kami senang mengumumkan bahwa YouTube Shorts hadir secara global. Kami saat ini menggulirkannya ke pengguna beta di lebih dari 100 negara di seluruh dunia, di mana YouTube tersedia," tulis YouTube dalam blog resmi Google Australia.

Baca juga: YouTube Rilis Shorts, Fitur Video Pendek Pesaing TikTok

Dari pantauan KompasTekno hari ini, Selasa (13/7/2021), segelintir pengguna YouTube di Indonesia sudah bisa menjajal Shorts lewat aplikasi.

Beberapa yang terlacak mendapat fitur Shorts adalah pengguna aplikasi YouTube beta versi 16.27.34. Namun ada juga pengguna non-beta versi 16.26.36 yang juga sudah kebagian.

Apabila  mendapat fitur Shorts lebih awal, antarmuka (UI) YouTube versi mobile akan berubah. Di sisi bawah layar akan muncul menu "Shorts", tepatnya berada di tengah antara menu "Home" dan tanda tambah untuk unggah video.

Meng-klik menu "Shorts" akan membawa pengguna mengeksplorasi video Shorts yang sudah terunggah dari berbagai belahan dunia.

Seperti TikTok dan Reels, Shorts juga menggunakan format video vertikal. Pengguna bisa menggulir layar ke atas dan ke bawah untuk menonton lebih banyak video.

Baca juga: Pesaing TikTok dari YouTube Ditonton 3,5 Miliar Kali dalam Sehari

Pengguna juga bisa memberikan suka (like), tidak suka (dislike), komentar, atau membagikan video Shorts.  Sementara untuk mengunggah video Shorts, dari pantauan KompasTekno belum semua pengguna YouTube bisa melakukannya meskipun sudah mendapat menu Shorts.

Cara mengunggah video Shorts di YouTube

Di beberapa kasus, pengguna tidak mendapatkan opsi "Create a Shorts" di menu "posting" untuk mengunggah Shorts.

Baca juga: Aplikasi YouTube Android Bisa Bagikan Video Berdasarkan Chapter

Kemungkinan hal ini terjadi karena YouTube masih menggulirkannya secara bertahap. Adapun cara untuk mengunggah video Short di YouTube adalah sebagai berikut:

  1. Klik ikon "unggah" atau tanda tambah yang berada di tengah.
  2. Pilih "Create a Shorts"
  3. Pengguna bisa merekam langsung dari kamera Shorts dengan menekan dan menahan tombol merah. Durasi video Shorts secara default adalah 15 detik. Namun bisa dimaksimalkan hingga 1 menit dengan mengetuk angka durasi menjadi 60.
  4. Selain merekam langsung, pengguna juga bisa mengunggah dari galeri, dengan menekan ikon galeri atau gambar foto yang ada di sisi kiri bawah.
  5. Setelah konten siap, edit lebih dulu tampilan Shorts, dengan menambahkan suara, mengatur kecepatan, menambah teks atau timer.
  6. Tulis deskripsi video. Pengguna bisa menambahkan tagar #Short di deskripsi untuk merekomendasikan video. Fungsinya kurang lebih mirip dengan tagar #FYP di TikTok.
  7. Video Shorts yang sudah terunggah bisa dilihat di kanal Anda
    Tampilan antarmuka YouTube yang berubah apabila sudah mendapatkan fitur YouTube Shorts.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Tampilan antarmuka YouTube yang berubah apabila sudah mendapatkan fitur YouTube Shorts.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com