YouTube Shorts Mulai Bisa Dijajal di Indonesia, Saingan TikTok dan Reels

Kompas.com - 13/07/2021, 12:38 WIB
Ilustrasi YouTube user businessinsider.comIlustrasi YouTube user

KOMPAScom - YouTube menggulirkan fitur video pendek bernama Shorts di India dan Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Platform berbagi video belakangan memperluas sebaran fitur Shorts ke lebih banyak negara.

Shorts adalah fitur pesaing TikTok yang memungkinkan pengguna YouTube mengunggah video pendek berdurasi 15-60 detik, lengkap dengan musik latar. Reels dari Instagram juga memiliki kemampuan yang mirip.

"Kami senang mengumumkan bahwa YouTube Shorts hadir secara global. Kami saat ini menggulirkannya ke pengguna beta di lebih dari 100 negara di seluruh dunia, di mana YouTube tersedia," tulis YouTube dalam blog resmi Google Australia.

Baca juga: YouTube Rilis Shorts, Fitur Video Pendek Pesaing TikTok

Dari pantauan KompasTekno hari ini, Selasa (13/7/2021), segelintir pengguna YouTube di Indonesia sudah bisa menjajal Shorts lewat aplikasi.

Beberapa yang terlacak mendapat fitur Shorts adalah pengguna aplikasi YouTube beta versi 16.27.34. Namun ada juga pengguna non-beta versi 16.26.36 yang juga sudah kebagian.

Apabila  mendapat fitur Shorts lebih awal, antarmuka (UI) YouTube versi mobile akan berubah. Di sisi bawah layar akan muncul menu "Shorts", tepatnya berada di tengah antara menu "Home" dan tanda tambah untuk unggah video.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meng-klik menu "Shorts" akan membawa pengguna mengeksplorasi video Shorts yang sudah terunggah dari berbagai belahan dunia.

Seperti TikTok dan Reels, Shorts juga menggunakan format video vertikal. Pengguna bisa menggulir layar ke atas dan ke bawah untuk menonton lebih banyak video.

Baca juga: Pesaing TikTok dari YouTube Ditonton 3,5 Miliar Kali dalam Sehari

Pengguna juga bisa memberikan suka (like), tidak suka (dislike), komentar, atau membagikan video Shorts.  Sementara untuk mengunggah video Shorts, dari pantauan KompasTekno belum semua pengguna YouTube bisa melakukannya meskipun sudah mendapat menu Shorts.

Cara mengunggah video Shorts di YouTube

Di beberapa kasus, pengguna tidak mendapatkan opsi "Create a Shorts" di menu "posting" untuk mengunggah Shorts.

Baca juga: Aplikasi YouTube Android Bisa Bagikan Video Berdasarkan Chapter

Kemungkinan hal ini terjadi karena YouTube masih menggulirkannya secara bertahap. Adapun cara untuk mengunggah video Short di YouTube adalah sebagai berikut:

  1. Klik ikon "unggah" atau tanda tambah yang berada di tengah.
  2. Pilih "Create a Shorts"
  3. Pengguna bisa merekam langsung dari kamera Shorts dengan menekan dan menahan tombol merah. Durasi video Shorts secara default adalah 15 detik. Namun bisa dimaksimalkan hingga 1 menit dengan mengetuk angka durasi menjadi 60.
  4. Selain merekam langsung, pengguna juga bisa mengunggah dari galeri, dengan menekan ikon galeri atau gambar foto yang ada di sisi kiri bawah.
  5. Setelah konten siap, edit lebih dulu tampilan Shorts, dengan menambahkan suara, mengatur kecepatan, menambah teks atau timer.
  6. Tulis deskripsi video. Pengguna bisa menambahkan tagar #Short di deskripsi untuk merekomendasikan video. Fungsinya kurang lebih mirip dengan tagar #FYP di TikTok.
  7. Video Shorts yang sudah terunggah bisa dilihat di kanal Anda
    Tampilan antarmuka YouTube yang berubah apabila sudah mendapatkan fitur YouTube Shorts.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Tampilan antarmuka YouTube yang berubah apabila sudah mendapatkan fitur YouTube Shorts.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.