Kompas.com - 13/07/2021, 20:09 WIB

KOMPAS.com - Sering mengalami buffering ketika streaming video di YouTube atau aplikasi video-on-demand? Ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa jaringan internet yang Anda gunakan tak mampu mengimbangi resolusi yang dipilih ketika streaming.

Kabar baiknya, kini pengguna smartphone bisa mengetahui resolusi video terbaik yang bisa dipilih ketika streaming. Pengguna juga bisa mengetahui apakah jaringan internet yang digunakan bisa untuk streaming dengan kualitas 4K atau tidak.

Caranya ialah dengan melakukan tes kecepatan video di aplikasi Speedtest. Aplikasi garapan Ookla ini kedatangan fitur baru bernama "video test", yang bisa digunakan untuk mengetahui resolusi maksimum dari video yang bisa dinikmati pengguna dengan kecepatan jaringan internet miliknya.

Seperti diketahui, selama ini, Speedtest menjadi salah satu aplikasi populer yang sering digunakan untuk menguji jaringan atau layanan internet yang berjalan di perangkat smartphone.

Baca juga: Speedtest Kini Bisa Tampilkan Cakupan dan Kualitas Sinyal Seluler

"Melakukan tes video akan memberi Anda informasi untuk membantu Anda mengoptimalkan pengalaman streaming video Anda," tulis Speedtest, sebagaimana dikutip KompasTekno dari di situs resmi Speedtest, Selasa (13/7/2021).

Seperti tes kecepatan internet biasa, fitur ini juga bisa langsung dijajal melalui aplikasi Speedtest versi terbaru, baik di ponsel Android maupun iOS.

Pantauan KompasTekno, fitur tes video ini sudah tersedia di aplikasi Speedtest versi 4.6.1 di ponsel Android.

Lantas bagaimana cara cek resolusi maksimal video untuk streaming di YouTube dan aplikasi video-on-demand lewat Speedtest?

Cara cek resolusi maksimum untuk streaming video

Pertama-tama, pastinya pengguna harus mengunduh atau meng-update aplikasi Speedtest ke versi paling baru. Berikut link unduh aplikasi Speedtest untuk Android dan iOS.

Setelah itu, buka dan jalankan aplikasi Speedtest. Di bagian bawah layar, pengguna tinggal memilih tab "video".

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Speedtest


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.