Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Prosesor Terkencang Versi Master Lu, AMD atau Intel Juaranya?

Kompas.com - 14/07/2021, 10:15 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Prosesor (CPU) buatan AMD dinobatkan sebagai prosesor tercepat di segmen desktop (PC), sedangkan CPU bikinan kompetitornya, Intel menjadi yang terkencang di segmen mobile (notebook).

Setidaknya begitu menurut daftar benchmark prosesor tercepat di dunia versi Master Lu yang dirilis baru-baru ini.

Master Lu sendiri merupakan platform benchmarking populer asal China yang biasanya digunakan untuk menguji kebolehan perangkat komputer dan smartphone. Master Lu bisa dibilang Antutu atau Geekbench versi China.

Pada segmen desktop, prosesor AMD Ryzen Threadripper 3990X (64-core) yang diperkenalkan di ajang CES 2020 lalu dinobatkan sebagai prosesor terkencang saat ini dengan skor benchmark sekitar 1,7 juta poin.

Daftar prosesor terkencang versi Master Lu untuk segmen desktop (kiri) dan segmen mobile (kanan).Gizmochina Daftar prosesor terkencang versi Master Lu untuk segmen desktop (kiri) dan segmen mobile (kanan).

Di bawahnya, ada tiga CPU AMD lainnya yang memiliki skor benchmark berkisar 1-1,2 juta poin, serta prosesor Intel Core i9-10980XE yang melengkapi posisi lima besar CPU desktop terkencang versi Master Lu.

Sementara itu untuk segmen mobile, Intel berhasil menyabet posisi teratas dengan CPU laptop teranyarnya yang diperkenalkan Mei lalu, Intel Core i7-11800H yang memiliki skor benchmark sekitar 660.000 poin.

Prosesor tersebut dibuntuti dengan empat CPU AMD, seperti Ryzen 7 dan Ryzen 9 5000 Series, dengan skor benchmark berkisar 530.000-560.000 poin, selisih 100.000 poin dari Intel. 

Dengan hasil benchmark di atas, bisa dikatakan bahwa lima prosesor terkencang di segmen desktop dan mobile masih didominasi oleh CPU buatan AMD yang masing-masing memiliki 4 model prosesor, lebih banyak dari Intel yang hanya ada 1 model.

Baca juga: Modus Penyelundupan Ratusan Prosesor Bernilai Rp 1,8 Miliar, Ditempel di Sekujur Badan

Penjualan CPU Intel lebih baik

Pangsa pasar prosesor desktop Intel dan AMD di lima kuartal terakhir.Gizmochina Pangsa pasar prosesor desktop Intel dan AMD di lima kuartal terakhir.

Meski demikian, untuk urusan penjualan prosesor, Intel masih jauh lebih dominan dibanding AMD.

Menurut Master Lu, prosesor Intel di segmen desktop memiliki porsi penjualan, atau market share di atas 70 persen dari total penjualan CPU secara global selama lima kuartal terakhir, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Rabu (14/7/2021).

Sisanya dipegang oleh AMD yang berkutik dengan market share sekitar 20 persen.

Di segmen mobile, penjualan prosesor AMD berkisar di angka lebih dari 30 persen dari total penjualan CPU global, lebih baik dari penjualan segmen desktop.

Namun tetap saja, porsinya tidak sebesar Intel yang menguasai penjualan CPU laptop global dengan pangsa pasar 60 persen.

Baca juga: YouTuber Masak Telur dan Rebus Air di Atas CPU Komputer

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com