Aset di Dalam Game Jadi Harta Warisan Jika Pemiliknya Meninggal

Kompas.com - 14/07/2021, 18:48 WIB
Ilustrasi GizmodoIlustrasi
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pernahkah terlintas di benak Anda, apa yang akan terjadi dengan barang-barang (item) Anda di dalam game yang telah susah payah Anda dapatkan, jika Anda meninggal? Bagaimana nasibnya nanti?

Raksasa teknologi asal China, Tencent, mencoba mengatasi kekhawatiran ini.

Menurut informasi analis firma riset Niko Partners, Daniel Ahmad, Tencent baru saja mendapatkan hak paten untuk yang memungkinkan orang-orang mewariskan kepemilikan barang di dalam ruang digital, termasuk game, apabila mereka meninggal.

Paten ini sebenarnya telah diajukan sekitar 2019 lalu, namun, baru saja disetujui belum lama ini.

Biasanya, informasi kredensial dari suatu akun sendiri, termasuk akun game, disimpan rapat-rapat oleh pemiliknya, bahkan keluarga terdekat sekalipun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga, barang-barang di dalam game (in-game items) dan aset kepemilikan digital lainnya kemungkinan besar akan terbengkalai apabila pemiliknya meninggal.

Tidak dijelaskan bagaimana sebenarnya implementasi sistem warisan Tencent tersebut. Tidak disebutkan pula apakah sistem ini nantinya hanya akan eksklusif di layanan milik Tencent saja atau tidak.

Baca juga: Instal Game di Android 12 Bakal Ada Tanda Petir, Ini Artinya

Yang jelas, sistem itu nantinya diduga kuat akan diterapkan ke aspek yang lebih luas, bukan hanya game saja.

Mekanismenya sendiri konon bakal serupa dengan pewarisan harta kekayaan di dunia nyata, di mana seorang pengguna yang memiliki aset digital harus menentukan kepada siapa barang-barang digitalnya nanti akan diwariskan. 

Artinya, apabila kabar tersebut akurat, berbagai barang di dalam game milik akun orang yang meninggal kemungkinan bakal bisa dipindahkan atau digabungkan ke akun lain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X