Twitter Kini Bisa Batasi "Reply" Setelah Twit Diunggah

Kompas.com - 15/07/2021, 07:05 WIB
Ilustrasi Twitter Shutterstock/Cavan ImagesIlustrasi Twitter

KOMPAS.com - Tahun lalu, Twitter merilis fitur baru yang memberikan penggunanya kendali untuk mengelola unggahannya. Fitur tersebut akan memberikan opsi bagi pengguna untuk membatasi siapa saja yang boleh menjawab (reply) twit yang baru saja diunggah.

Twitter belakangan memperbarui fitur tersebut. Kini pengguna juga bisa mengatur batasan reply setelah twit diunggah. Sebelumnya, pengguna hanya bisa mengatur pembatasan sebelum posting.

Opsi yang tersedia masih sama. Pengguna bisa menentukan apakah twit boleh di-reply oleh semua orang, orang yang diikuti (following), dan orang yang disebut (mention) saja.

Opsi yang terpasang secara default adalah "semua orang" bisa membalas twit. Apabila bukan opsi tersebut yang dipilih, maka pengguna lain yang tidak di-mention atau diikuti oleh pengunggah twit akan mendapati tombol reply yang bewarna samar.

Baca juga: Twitter Rilis Fitur Baru untuk Membatasi Reply

Apabila tombol reply diketuk, akan muncul informasi siapa saja yang bisa membalas twit tersebut. Kendati demikian, pengguna lain tetap akan bisa melihat twit tersebut jika akun tidak dikunci (private).

Mereka yang tidak bisa menulis di kolom reply, masih bisa merespons twit dengan cara me-retweet dengan komentar (quote tweet). Pengguna lain juga tetap bisa me-retweet dan menyukai (like) twit tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pembaruan ini bisa menjadi keuntungan buat orang-orang yang mungkin mengunggah sesuatu hal yang bisa menarik perhatian dan respons yang tidak terduga dan tidak diinginkan," ujar Twitter, dirangkum KompasTekno dari Mashable, Kamis (15/7/2021).

Twitter memperbarui fitur untuk membatasi balasan reply.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Twitter memperbarui fitur untuk membatasi balasan reply.

 

Cara menggunakan pembatasan reply di kicauan Twitter yang sudah diunggah ternyata cukup mudah. Silakan ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  • Cari twit yang sudah diunggah dan ingin dibatasi.
  • Kemudian, klik ikon menu (titik tiga vertikan di ujung kanan twit).
  • Pilih "change who can reply" atau "ubah siapa saja yang bisa membalas".
  • Pilih siapa yang bisa membalas twit apakah everyone (semua orang), people you follow (akun yang diikuti), atau only people you mentioned (orang yang disebut).

Twitter mengklaim bahwa pembatasan reply bisa membantu orang-orang merasa lebih aman dengan membatasi kemungkinan jawaban tak terduga.

Baca juga: Twitter Siapkan Fitur Mirip Close Friends di Instagram

Mereka pun diharapkan bisa menciptakan percakapan yang lebih bermakna dan membiarkan pengguna lain membaca perspektif yang berbeda.

Fitur pembatasan reply setelah kicauan dunggah sudah tersedia di aplikasi Twitter di platform Android dan IOS. Dari pantauan KompasTekno, Twitter versi web juga sudah mendapatkan fitur ini.



Sumber MASHABLE
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X