Bocoran Awal Kehadiran Samsung Galaxy S30

Kompas.com - 15/07/2021, 09:12 WIB
Samsung Galaxy S21 Plus CNETSamsung Galaxy S21 Plus

KOMPAS.com - Lini Galaxy S sampai saat ini masih menjadi seri flagship andalan Samsung. Tak mengherankan jika para penggemar menanti-nanti teknologi baru apa saja yang akan disematkan Samsung pada generasi selanjutnya dari ponsel tersebut.

Model paling baru, trio Galaxy S21 series diluncurkan pada Januari lalu. Meski baru enam bulan, bocoran soal penerus ponsel flagship itu, Galaxy S22, sudah mulai menyeruak di dunia maya.

Meski kehadiran Galaxy S22 belum dikonfirmasi oleh Samsung, pembocor gadget kenamaan asal China, Digital Chat Station, justru sudah memberikan sebuah bocoran yang diklaim merupakan Galaxy S30.

Ia mengunggah bocoran render gambar dari Galaxy S30 tersebut di situs Weibo, baru-baru ini.

Bocoran tampang Samsung Galaxy S30.Gizmochina Bocoran tampang Samsung Galaxy S30.
Dari gambar dipublikasi terlihat ponsel Galaxy S30 masih akan mengusung layar dengan desain infinity-O.

Baca juga: Bocoran Harga Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3, Lebih Murah dari Pendahulunya

Di mana ada sebuah punch hole di bagian tengah atas layar ponsel sebagai rumah kamera selife-nya, mirip lini Galaxy S21.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara bagian belakang Galaxy S30 konon akan dibekali kamera 100 atau 200 megapiksel.

Menurut Digital Chat Station, penggunaan punch hole di ponsel flagship Samsung ini masih akan berlanjut hingga lini Galaxy S30, mengingat teknologi itu merupakan yang paling matang digunakan untuk saat ini.

Meskipun demikian, sebenarnya, teknologi kamera selfie di ponsel flagship diharapkan akan mulai beralih menggunakan kamera yang dibenamkan di bawah layar (under display camera) dan bukan lagi menggunakan punch hole seperti saat ini.

Baca juga: Samsung Gelar Acara 11 Agustus, Luncurkan Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3?

Untuk saat ini, baru ponsel ZTE Axon 20 5G keluaran 2020 yang mengusung tekologi baru kamera di bawah layar ini. Meski demikian, vendor ponsel seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo disebutkan sudah bersiap memamerkan teknologi tersebut tahun ini.

Sementara untuk Samsung sendiri, Digital Chat Station menyebutkan bahwa perusahaan asal Korea Selatan ini akan mulai mengadopsi teknologi bawah layar pertama kali melalui seri Galaxy Z Fold 3, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Kamis (15/7/2021).

Rumor soal Galaxy Z Fold 3 mengusung kamera di bawah layar sebelumnya juga sudah disebutkan oleh pembocor gadget, Ice Universe, pada April lalu.

Galaxy Z Fold 3 sendiri dikabarkan akan segera meluncur, dalam acara Galaxy Unpacked yang akan disiarkan pada 11 Agustus mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.