Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Umumkan Windows 365, Layanan Streaming OS via Cloud

Kompas.com - 15/07/2021, 14:05 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft pekan ini meluncurkan Windows 365, layanan streaming sistem operasi berbasis cloud untuk kalangan bisnis dan korporat.

Cara kerjanya mirip dengan cloud gaming ala Google Stadia. Namun, alih-alih game, pengguna bisa menjalankan dan mengakses sistem operasi Windows 10 atau 11 yang berjalan di satu komputer lewat perangkat lain secara streaming lewat browser.

Jenis perangkat yang digunakan bisa berupa komputer lain seperti laptop atau tablet, baik yang berbasis macOS, iPad OS, Linux, maupun Android.

Pekerja pun tak perlu repot-repot membawa pulang komputernya, karena bisa diakses dari manapun dan langsung menyambung pekerjaan dengan perangkat lain. Microsoft menyebut komputer dengan layanan Windows 365 ini sebagai kategori baru, yakni Cloud PC.

Baca juga: Windows 11 Berhasil Diinstal di Smartphone, Begini Tampilannya

Windows 365 dijanjikan mampu menghadirkan aneka aplikasi, tool, data, dan setting dari komputer kantor, untuk diakses lewat perangkat apapun via cloud.

"Keadaan Cloud PC Anda akan tetap sama meskipun Anda berganti perangkat. Anda bisa mengerjakan tugas yang sama di laptop di kamar hotel, dari tablet selagi di dalam mobil menuju meeting," tulis general Manager Microsoft 365, Wangui McKelvey, di pengumumannya.

ilustrasi Microsoft Windows 365Blog Microsoft ilustrasi Microsoft Windows 365
Lebih lanjut, disebutkan bahwa Windows 365 menggunakan teknologi virtualisasi Azure Virtual Desktop. "Tapi pengalaman virtualisasinya disederhanakan -semua detil kecil ditangani untuk Anda," ujar McKelvey.

Selain memudahkan pekerja, Windows 365 juga memudahkan admin IT kantor karena mengurangi jumlah perangkat klien dengan instalasi Windows individual.

Menurut keterangan yang dihimpun KompasTekno dari ZDNet, Kamis (15/7/2021), Windows 365/ Cloud PC tidak hanya mendukung aplikasi Microsoft saja. Pengguna juga bisa log-in  ke aplikasi apapun yang bisa berjalan di Windows 10 atau 11. 

Baca juga: Pengguna Windows 11 Mengeluh Tak Bisa Main PUBG, Ini Sebabnya

Windows 365 rencananya akan dirilis pada 2 Agustus mendatang dalam dua edisi, yakni Business dan Enterprise. Pembayarannya menggunakan skema langganan per pengguna untuk perusahaan. Harganya masih belum diumumkan.

Layanan Windows 365 sendiri sebenarnya tak jauh berbeda dari teknologi virtualisasi dan remote access yang sudah ada, seperti Azure Virtual Desktop dari Microsoft sendiri. Namun, poin utamanya adalah kemudahan penggunaan dan manajemen.

"Windows 365 akan membuat perubahan besar unutk perusahaan yang ingin virtualisasi tapi tak bisa melakukannya-entah karena terlalu mahal, terlalu kompleks, atau tak punya kepakaran untuk melakukannya," pungkas McKelvey.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com