Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zuckerberg Bagikan Rp 14 Triliun untuk Kreator Konten Instagram dan Facebook

Kompas.com - 15/07/2021, 17:02 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Facebook berupaya memancing lebih banyak kreator ke jejaring sosial miliknya dengan "umpan" berupa iming-iming bayaran langsung dengan nilai total 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 14,5 triliun

Hal itu diumumkan langsung oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg, dalam sebuah posting yang  diunggah ke akun Facebook miliknya, pekan ini.

Menurut Zuckerberg, dana tersebut disiapkan sebagai insentif untuk para kreator konten agar mereka mau meramaikan  platform media sosial yang berada di bawah payung perusahaan teknologi tersebut.

Baca juga: Facebook Rilis Platform Buletin, Penulis Bisa Dapat Uang

"Kami menggelar program-program baru untuk menginvestasikan lebih dari 1 miliar dollar AS sebagai penghargaan kreator yang membuat konten bagus di Facebook dan Instagram hingga 2022," tulis Zuckerberg dalam posting.

Menurut informasi yang dihimpun KompasTekno dari New York Times, Kamis (14/7/2021), nantinya kreator bisa mendapatkan bayaran uang dengan menggunakan fitur tertentu di Facebook dan Instagram, atau dengan mencapai milestone tertentu.

Untuk sekarang, program insentif Facebook itu masih bersifat invitation-only. Kreator yang diikutsertakan akan mendapat notifikasi berisi undangan ke program tersebut.

Ke depan, Facebook mengatakan bakal membuat fitur khusus untuk memudahkan kreator melacak pendapatan insentif mereka dari Instagram dan Facebook.

Sebelumnya, Facebook juga pernah membagikan uang untuk influencer TikTok dan YouTuber untuk menggunakan fitur-fitur di media sosialnya seperti IGTV yang mirip YouTube, lalu Reels yang merupakan jiplakan TikTok.

Iming-iming bayaran langsung  belakangan memang menjadi salah satu cara andalan untuk memancing kreator ke sebuah platform media sosial.

Baca juga: TikTok Jadi Aplikasi Paling Laris, Kalahkan Facebook Sekeluarga

Selain Facebook, pada November tahun lalu, misalnya, Snapchat pernah membagikan 1 juta dollar AS tiap hari untuk kreator yang menggunakan fitur Spotlight. Ini adalah fitur Snapchat yang mirip TikTok.

Menurut firma kapital ventura SignalFire, meskipun ekonomi kreator baru muncul sekitar satu dekade lalu, kini sudah terdapat lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia yang menganggap diri mereka sebagai kreator konten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com