Kompas.com - 15/07/2021, 18:16 WIB
ilustrasi Facebook CNETilustrasi Facebook

KOMPAS.com - Admin atau moderator di dalam sebuah grup Facebook, kini dapat menentukan salah seorang anggota sebagai "pakar" alias expert di dalam grup tersebut. Hal ini berguna agar anggota grup dapat menemukan informasi dari orang yang terpercaya.

Fitur ini juga menjadi salah satu upaya Facebook untuk meminimalisasi persebaran informasi yang salah.

Anggota grup yang mendapat gelar "pakar" akan memiliki lencana khusus sebagai penanda untuk membedakan ia dengan anggota grup lainnya. Lencana tersebut akan muncul di samping nama, seperti yang dimiliki admin atau moderator.

"Admin kini memiliki kemampuan untuk memilih anggota tertentu di komunitas (grup) mereka yang menonjol dan memberdayakan mereka untuk memainkan peran yang lebih berarti," tulis eksekutif Facebook, Maria Smith, dalam blog resminya.

Baca juga: Hati-hati, 9 Aplikasi Android Ini Bisa Curi Password Facebook

Anggota yang mendapat gelar "pakar" akan dapat membuat sesi tanya jawab (Q&A) dalam format teks, membuat acara perbincangan di Live Audio Rooms, atau mengajukan pertanyaan untuk sesama anggota grup.

Kendati demikian, anggota yang ditunjuk untuk menjadi pakar juga bisa menolak penunjukan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, admin grup juga dapat mencari pakar lainnya di luar anggota grup yang sesuai dengan minat dan ketertarikan mereka.

Lencana Pakar Grup di aplikasi FacebookFacebook Lencana Pakar Grup di aplikasi Facebook
Facebook mengatakan bahwa lencana "Pakar" ini mulai diberikan ke beberapa pengguna khususnya mereka yang mendalami bidang olahraga dan gaming.

Admin grup nantinya dapat menemukan orang-orang tersebut ketika mencari topik khusus di Facebook. Jika menemukan salah satu dari mereka, admin bisa mengundang Pakar tersebut untuk bergabung ke dalam grup mereka.

Baca juga: Facebook Rilis Platform Buletin, Penulis Bisa Dapat Uang

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gadgets NDTV, Kamis (15/2/2021), Facebook mengatakan bahwa fitur ini hadir agar pengguna dapat dengan mudah terkoneksi satu sama lain sembari membahas obrolan apapun yang relevan dengan mereka.

Facebook juga mengklaim bahwa platformnya memiliki lebih dari 70 juta admin dan moderator yang menjalankan grup aktif di seluruh dunia.

Dengan adanya lencana Pakar ini, admin dapat mempersempit peredaran misinformasi di dalam grup mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.