Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RAM Vivo V21 Bisa Ditambah Jadi 11 GB, Begini Caranya

Kompas.com - 16/07/2021, 07:34 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Juni lalu, Vivo melengkapi lini V-Series dengan merilis Vivo V21 di Indonesia. Smartphone ini merupakan "saudara" dari Vivo V21 versi 5G yang sudah dipasarkan lebih dahulu pada Mei lalu. 

Salah satu fitur yang dibawa oleh Vivo V21 adalah Extended RAM. Dengan fitur ini, pengguna Vivo V21 bisa menambah kapasitas RAM menjadi 11 GB.

"Dengan hadirnya fitur Extended RAM pada Vivo V21, diharapkan kegiatan harian konsumen dapat tetap maksimal dan produktif dengan menggunakan smartphone yang kami tawarkan," kata Edy Kusuma selaku Senior Brand Director Vivo Indonesia, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (16/7/2021).

Pada dasarnya, Vivo V21 sudah dibekali dengan kapasitas RAM yang cukup besar, yaitu 8 GB. Ponsel ini juga dibekali dengan dua opsi penyimpanan media, yaitu 128 GB dan 256 GB.

Fitur ini bekerja dengan mengubah memori perangkat yang tidak digunakan (ROM) sebagai resource untuk RAM tambahan.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Lengkap Vivo V21 di Indonesia

Fitur ini juga didukung dengan swap memory software, sehingga pengunaan Extended RAM ini diklaim tidak akan mengganggu kinerja performa memori smartphone.

Lantas, bagaimana cara mengaktikan fitur Extended RAM pada Vivo V21 ini?

Cara mengaktifkan fitur Extended RAM terbilang cukup mudah. Pengguna hanya perlu pergi ke "Settings" > "RAM and storage space" > "RAM" > "Extended RAM". Dengan begitu, fitur Extended RAM itu akan aktif.

Menurut Vivo, penambahan kapasitas RAM hingga 11 GB pada Vivo V21 ini bisa meringankan jumlah memori Double Data Rate (DDR) yang digunakan.

Fitur Extended RAM Vivo V21.Vivo Indonesia Fitur Extended RAM Vivo V21.
Dengan RAM 11 GB itu, pengguna diklaim akan mendapatkan pengalaman multitasking yang lebih mulus.

Vivo sesumbar megatakan, pengguna bisa membuka lebih dari 20 aplikasi dalam waktu yang bersamaan, tanpa khawatir adanya gangguan.

Baca juga: Vivo V21 Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

"Kami berharap konsumen dapat merasakan kemudahan melalui inovasi teknologi yang kami hadirkan pada vivo V21, salah satunya dengan fitur 8GB + 3GB Extended RAM yang bisa memaksimalkan penggunaan smartphone yang lebih lancar," kata Ricky Bunardi, Senior Product Manager Vivo Indonesia.

Vivo V21 sendiri resmi dirilis di Indonesia pada Juni lalu. Ponsel ini dibekali tiga kamera belakang, dengan konfigurasi kamera utama 64 MP (f/1.89), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), dan kamera macro 2 MP (f/2.4).

Layar Vivo V21 mengusung panel AMOLED 6,44 inci dengan resolusi Full HD Plus dan dukungan HDR10. Bagian depan ponsel ini juga turut dilengkapi dengan poni (notch) konvensional yang memuat kamera 44 MP Autofocus Super Night Selfie.

Di balik dapur pacu, Vivo V21 dibekali System-on-Chip Snapdragon 720G, baterai berkapasitas 4.000 mAh dengan dukungan fast charging 33 watt, hingga fitur NFC Multifunctions dan Ultra Game Mode.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com