Main Game PC di Konsol Portable Steam Deck, Apakah Lancar?

Kompas.com - 19/07/2021, 19:45 WIB
Ilustrasi Steam Deck. PCGamerIlustrasi Steam Deck.

KOMPAS.com - Steam Deck sukses memancing rasa penasaran gamer di seluruh dunia. Setelah diperkenalkan menjelang akhir pekan ini, konsol game handheld dari Valve tersebut diserbu peminat yang ingin memesannya.

Wajar saja, Steam Deck tak ubahnya PC mini yang bisa dibawa-bawa dan dibekali jeroan PS5 yang dipangkas dengan daya komputasi sebesar 2 teralops. Tenaganya kira-kira setara dengan PS4. Apakah sudah cukup untuk menjalankan aneka game PC dengan lancar?

Baca juga: Steam Deck Resmi, Konsol Mirip Nintendo Switch dengan Spek Setara PC

IGN Southeast Asia sempat menjajal konsol portable Steam Deck (versi non-final) untuk memainkan sejumlah judul game PC populer, termasuk Control, Star Wars Jedi: Fallen Order, Doom Eternal, hingga Hades.

Lancar di 720p

Dari pengamatannya, IGN menyimpulkan bahwa Steam Deck bisa menjalankan game PC terkini di setting  grafis "medium hingga high" dengan frame rate yang relatif lancar, meski tidak disebutkan berapa fps yang didapat.

Dalam hal ini Steam Deck terbantu dengan resolusi layarnya yang sebesar 1.280 x 800 (16:10, 60 Hz) dengan diagonal 7 inci, kira-kira setara dengan layar 720p milik Nintendo Switch versi OLED.

Kendali game dilakukan dengan sepasang stik analog dan trackpad, D-pad, empat tombol XYZA, serta empat tombol trigger di sisi kanan dan kiri layar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Membandingkan Steam Deck Vs Nintendo Switch, Mirip tapi Beda

Kalau ingin tampilan lebih besar, pengguna Steam Deck bisa menyambungkannya ke monitor eksternal serta keyboard dan mouse dengan menggunakan konektor USB tipe C yang tersedia, berikut USB hub atau Bluetooth.

Perangkat ini pun bisa disulap menjadi layaknya komputer desktop. Antarmuka dalam mode desktop ikut berubah sehingga menjadi mirip Windows di PC konvensional, serta tetap bisa menjalankan game.

Steam Deck mendukung output display hingga 4K 120 Hz atau 8K 60 Hz, meskipun kinerjanya dalam menjalankan game di resolusi setinggi itu masih belum jelas.

Dukung cloud save dan bisa dipasangi Windows

Sistem operasi Steam Deck sendiri adalah Steam OS berbasis Arch Linux yang bisa menjalankan game PC (Windows) dengan bantuan Proton sebagai compatibility layer. Game dapat diperoleh dari toko Steam besutan Valve.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.