IPO Bukalapak: Saham Banjir Pesanan, Harga Bisa Tembus Level Tertinggi

Kompas.com - 21/07/2021, 17:17 WIB
Startup eCommerce Bukalapak ANTARA FOTO/Aprillio AkbarStartup eCommerce Bukalapak

KOMPAS.com - Minat investor terhadap saham emiten startup PT. Bukalapak.com (BUKA) ternyata cukup tinggi.

Kabarnya, Bukalapak diestimasi bisa meraup dana hingga 1,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 21,8 triliun (kurs Rp 14.550) setelah melakukan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO).

Angka itu didapat setelah perusahaan menetapkan batas atas kisaran awal (indicative price range), yang diungkap oleh tiga orang sumber dalam kepada Reuters.

Salah satu sumber menyebut permintaan pesanan IPO Bukalapak mencapai lebih dari 6 miliar dollar AS (sekitar Rp 87,2 triliun).

Baca juga: Bukalapak Bersiap Melantai di Bursa, Ini Harga Saham dan Tanggalnya

Sumber tersebut enggan diungkap identitasnya, sementara Bukalapak belum memberikan tanggapan resmi atas kabar ini.

Bukalapak yang dibekingi beberapa investor besar seperti Microsoft dan perusahaan asal Singapura GIC, mulanya menargetkan dana hingga 300 juta dollar AS (sekitar Rp 4,3 triliun) beberapa bulan lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Target itu terlampaui dan tembus hingga 800 juta dollar AS (Rp 11,6 triliun), lalu melesat hingga 1,5 miliar dollar AS pada pekan lalu.

Melansir Kontan.co.id, pada masa penawaran awal (bookbuilding) yang berlangsung pada 9-19 Juli 2021, harga awal saham Bukalapak yang ditetapkan berkisar Rp 750-850 per lembar saham.

Menurut Ratna Karim, Direktur PT Buana Capital Sekuritas selaku penjamin pelaksana emisi efek Bukalapak, perusahaan akan menggunakan sekitar 66 persen dana IPO sebagai modal kerja. Lalu, sisanya akan dimanfaatkan untuk modal kerja sejumlah anak usaha Bukalapak.

Adapun rinciannya adalah 15 persen akan dibagikan kepada PT Buka Mitra Indonesia, sekitar 15 persen untuk PT Buka Usaha Indonesia, dan masing-masing 1 persen untuk PT Buka Investasi Bersama, PT Buka Pengadaan Indonesia, Bukalapak Pte Ltd, dan PT Five Jack.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X