Pengguna Instagram Kini Bisa Kontrol Konten Sensitif yang Dilihat

Kompas.com - 22/07/2021, 10:02 WIB
ilustrasi Instagram user CNETilustrasi Instagram user

KOMPAS.com - Instagram termasuk rajin merilis fitur-fitur baru untuk meningkatkan pengalaman dan melindungi pengguna saat menggunakan platformnya.

Kali ini, induk Instagram, Facebook meluncurkan fitur baru bernama Sensitive Content Control di Instagram. Sesuai namanya, fitur baru ini dapat dimanfaatkan untuk menyaring dan membatasi konten-konten sensitif yang muncul di Instagram.

"Hari ini kami meluncurkan Sensitive Content Control di Instagram, yang memungkinkan Anda memutuskan seberapa banyak konten sensitif yang muncul di Explore," tulis Facebook.

 Baca juga: Instagram Luncurkan Fitur untuk Pulihkan Akun yang Diretas

Melalui fitur baru ini, Instagram menyediakan tiga opsi terkait konten sensitif, yaitu allow (izinkan), limit default (batasi secara default), dan limit even more (batasi lebih banyak lagi).

Pengguna bisa menemukan fitur baru ini di Settings > Account > Sensitive content control.

Fitur Sensitive content control diluncurkan karena Facebook percaya, preferensi setiap pengguna atas konten yang mereka lihat di Explore berbeda-beda, termasuk soal konten sensitif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diketahui, kanal Explore secara khusus dimanfaatkan Instagram untuk memberikan rekomendasi konten yang dipersonalisasi (feed, IGTV, Reels, dsb) dari akun lain yang tidak diikuti oleh pengguna.

Fitur baru Instagram bernama Sensitive Content Control.about.fb.com Fitur baru Instagram bernama Sensitive Content Control.

Untuk memberikan rekomendasi ini, Instagram telah menetapkan konten jenis apa yang diizinkan dan tidak diizinkan untuk diposting di platformnya dalam Panduan Komunitas Instagram.

Berdasarkan laman Pedoman Komunitas Instagram, ada beberapa jenis konten yang termasuk dalam kategori diizinkan di platform Instagram, tetapi tidak memenuhi syarat untuk direkomendasikan di Explore.

Baca juga: Trik Sederhana untuk Melihat Instagram Stories Tanpa Ketahuan

Termasuk konten yang membahas tindakan bunuh diri, menggambarkan kekerasan, atau berisi konten vulgar. Adapula konten yang berisi klaim kesehatan muluk-muluk, misinformasi terkait vaksin, hingga mempromosikan penggunaan produk dan layanan dewasa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X