Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Tinggal PES, Konami Resmikan Game Sepak Bola eFootball

Kompas.com - 22/07/2021, 11:26 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Konami

KOMPAS.com - Selamat tinggal game sepak bola Pro Evolution Soccer (PES). Setelah menemani penggemar selama kurang lebih 26 tahun, pengembang game PES, Konami resmi mengumumkan merek game sepak bola terbaru garapannya, eFootball.

Game eFootball ini dapat dimainkan secara gratis sekaligus crossplay, para gamer dari berbagai platform seperti PC dan konsol, bisa bermain bersama-sama secara online.

Kabar digantikannya merek PES dengan eFootball ini disampaikan langsung oleh Konami melalui pengumuman bertajuk "from PES to eFootball" di situs resmi perusahaan.

Pengembang game asal Jepang itu mengatakan, perusahaan berambisi untuk mengembangkan platform sepak bola revolusioner.

Baca juga: Game Sepak Bola FIFA 22 Sudah Bisa Dipesan, Ini Harganya

Misalnya, perusahaan ingin menciptakan lingkungan sepak bola yang sempurna di dalam game, mulai dari rumput di lapangan, pergerakan pemain, hingga penonton di stadion.

Untuk memenuhi ambisi itu, produser seri game eFootball di Konami Digital, Seitaro Kimura mengungkapkan, perusahaan menggunakan teknologi Unreal Engine, yang memungkinkan pengembang merombak ekspresi pemain di dalam game.

Lalu juga ada teknologi baru bernama Motion Matching, di mana teknologi ini akan mengubah berbagai macam gerakan, yang dapat dilakukan pemain sungguhan menjadi serangkaian animasi, sambil memilih yang paling akurat secara real-time, sebagaimana dihimpun dari WCCF Tech.

"Hasil akhirnya bahkan lebih mengesankan daripada yang kami bayangkan sebelumnya. Kami melampaui batas PES, ke dunia baru sepak bola virtual," tulis Konami.

"Untuk menandai era baru ini, kami telah memutuskan untuk meninggalkan merek PES tercinta kami, dan menamai ulang sebagai eFootball".

Roadmap kehadiran game eFootball

Untuk tahap awal, game eFootball ini akan bisa dimainkan di PlayStation 5, PlayStation 4, Xbox Series X|S, Xbox One, Windows 10 dan PC (melalui Steam). Nantinya, menyusul ponsel Android dan iOS juga bia memainkan game sepak bola pengganti PES ini.

Baca juga: Game eFootball PES 2021 Resmi Dirilis untuk PS4, Xbox, dan PC

Dalam pengumuman itu, Konami juga berencana meluncurkan berbagai fitur di game eFootball, termasuk crossplay. Sesuai dengan roadmap yang sudah ditentukan perusahaan, mulai dari awal musim gugur hingga musim dingin.

Berikut roadmap lengkap game eFootball, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resmi Konami, Kamis (22/7/2021). 

Awal musim gugur (sekitar September akhir)

  • Pengalaman gameplay baru, didukung oleh teknologi Unreal Engine
  • Pertandingan cross-generation (PlayStation5 vs. PlayStation 4; Xbox Series X|S vs. Xbox One)
  • Pertandingan lokal yang menampilkan FC Barcelona, Juventus, FC Bayern, Manchester United, dan lainnya.

Musim gugur (Oktober-Desember)

  • Pertandingan cross-platform antar konsol dan PC
  • Team Building Mode
  • Online leagues
  • Match Pass system

Musim dingin (sekitar bulan Desember)

  • Dukungan pengontrol seluler ditambahkan
  • Pertandingan crossplay di semua platform yang tersedia, termasuk di perangkat seluler saat menggunakan pengontrol yang kompatibel
  • Turnamen eSports profesional dan amatir dimulai

Bersamaan dengan pengumuman ini, Konami juga telah merilis trailer resmi untuk game eFootball, di mana ada pemain sepak bola dunia Lionel Messi dan Neymar Jr sebagai brand ambassador game ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Konami


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com