Survei Microsoft: Warganet Makin Tak Sopan Selama Pandemi

Kompas.com - 22/07/2021, 13:02 WIB
Ilustrasi viral, media sosial. ShutterstockIlustrasi viral, media sosial.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak 2020 ini ternyata dinilai membuat orang-orang menjadi lebih tidak sopan ketika berinteraksi di dunia maya.

Setidaknya begitulah hasil dari survei terbaru Digital Civility Index (DCI) yang dilakukan oleh Microsoft, dan dipublikasi baru-baru ini.

Secara khusus, laporan DCI kali ini berfokus pada efek pandemi global terhadap kesopanan online. Ternyata hasilnya, mayoritas 82 persen dari responden yang disurvei, percaya bahwa tingkat kesopanan online memburuk selama pandemi Covid-19 ini.

Kesopanan online yang memburuk ini juga terlihat dari meningkatnya serangan pribadi yang diterima atau disaksikan oleh warganet.

Pada 2021 ini, 54 persen responden mengaku telah mengalami atau menyaksikan serangan atau komentar negatif di internet. Angka ini naik tipis dari 2020 yang sebesar 53 persen.

Tak hanya itu, tingkat toleransi di ruang maya juga memburuk. Selama pandemi setahun terakhir ini, sebanyak 59 persen responden percaya bahwa orang-orang menjadi kurang toleran di internet, naik dari 54 persen di tahun 2020.

Pandemi juga membuat warganet semakin melampiaskan rasa frustasi mereka secara online, setidaknya begitulah kata 67 persen responden survei.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil lain dari survei DCI Microsoft ini turut mengungkap, rasa kebersamaan dalam komunitas turun 12 persen, dari 62 persen di 2020 menjadi 50 persen di 2021.

Selama setahun pandemi ini juga membuat rasa saling mendorong, berkumpul, dan terhubung antar sesama warganet menurun.

Baca juga: Tingkat Kesopanan Orang Indonesia di Internet Paling Buruk Se-Asia Tenggara

Penyebaran misinformasi menurun

Kabar baiknya, hasil survei Microsoft kali ini menunjukkan penyebaran informasi yang salah dan menyesatkan turun pada 2021 ini menjadi 60 persen, di mana sebelumnya mencapai 67 persen di 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X