Daftar Clubhouse Kini Tak Perlu Undangan

Kompas.com - 22/07/2021, 14:33 WIB
Ilustrasi Aplikasi Clubhouse pcmag.comIlustrasi Aplikasi Clubhouse

KOMPAS.com - Aplikasi media sosial berbasis audio, Clubhouse menuai popularitas saat hadir pertama kali di iOS, atau sekitar pertengahan tahun 2020 lalu.

Namun jumlah pengguna baru Clubhouse melambat, justru saat aplikasi tersebut hadir di ekosistem Android. Ciri khas aplikasi Clubhouse adalah sistem undangan yang digunakan untuk mengajak pengguna baru.

Namun, Clubhouse baru-baru ini mengungkap mereka akan meninggalkan sistem undangan untuk menggaet pengguna baru ini.

Co-founder Clubhouse, Paul Davidson dan Rohan Seth mengumumkan, mulai hari ini, Kamis (22/7/2021), Clubhouse akan meninggalkan sistem undangan, karena telah melewati masa beta, dan kini terbuka untuk semua.

Baca juga: Tanda Popularitas Clubhouse Mulai Menurun

Pengumuman ini juga disampaikan Clubhouse lewat akun Twitter resmi mereka. Dalam pengumuman yang sama, Clubhouse juga memperkenalkan logo barunya.

Clubhouse sesumbar saat ini ada sekitar 10 juta yang masuk daftar antre (waiting list) untuk bisa bergabung ke Clubhouse.

Nantinya, jutaan orang itu bisa masuk Clubhouse tanpa perlu undangan. Namun proses itu akan dilakukan secara bertahap.

Baca juga: Aplikasi Clubhouse Versi Android Sudah Bisa Diunduh di Indonesia

"Sistem undangan merupakan bagian penting bagi sejarah kami," tulis Clubhouse dalam blog resmi mereka, dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (22/7/2021).

"Dengan menambahkan gelombang orang baru, menyambut wajah baru setiap minggu di Orientasi Rabu kami, berbicara dengan komunitas setiap hari Minggu di Town Hall, kami mengembangkan Clubhouse dengan cara yang terukur dan menjaga agar tidak membuatnya rusak saat kami meningkatkannya," jelas pihak Clubhouse.

Perubahan ini bisa jadi strategi baru Clubhouse untuk tetap mempertahankan popularitasnya yang mulai menunjukan tanda-tanda meredup. Menurut laporan Sensor Tower, jumlah unduhan aplikasi Clubhouse di platform iOS mulai melambat.

Baca juga: Facebook Resmikan Live Audio Rooms, Fitur Baru Pesaing Clubhouse

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.