3 Ponsel Vivo Ini Sudah Bisa 5G di Indonesia

Kompas.com - 26/07/2021, 15:03 WIB
Vivo V21 5G. Vivo IndonesiaVivo V21 5G.

KOMPAS.com - Sejak 27 Mei 2021 lalu, jaringan seluler 5G sudah bisa dinikmati oleh pengguna internet seluler di Indonesia.

Sebelum layanan 5G resmi digelar, sejumlah vendor smartphone pun telah merilis ponsel berbasis 5G di Tanah Air. Salah satunya yaitu Vivo.

Vendor asal China itu memastikan bahwa saat ini ada tiga seri ponsel miliknya yang sudah menikmati layanan 5G di Indonesia. Tiga seri ponsel yang dimaksud adalah Vivo X60 5G, Vivo X60 Pro 5G, dan Vivo V21 5G.

Baca juga: Cara Melakukan Factory Reset di Ponsel Vivo

Vivo X60 Series merupakan ponsel 5G yang dirilis pada April 2021 lalu. Sedangkan, Vivo V21 5G adalah ponsel kelas menengah yang diperkenalkan pada Mei 2021 lalu.

Ketersediaan dukungan 5G untuk ketiga ponsel tersebut dikonfirmasi langsung oleh Product and Marketing Strategy Director Vivo Indonesia, Denny Galant pekan ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami bangga mengumumkan bahwa pengguna Vivo X60 Series dan Vivo V21 5G, kini sudah dapat menjalankan update otomatis untuk menikmati jaringan 5G, di beberapa area tertentu sesuai dengan cakupan jaringan 5G oleh penyedia jaringan," tutur Denny dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Senin (26/7/2021).

Agar bisa menikmati layanan 5G, Denny mengatakan bahwa pengguna harus melakukan pembaruan (update) terlebih dahulu dan mengikuti prosedur pemakaian yang diberikan.

Cara unlock 5G di ponsel Vivo

Berikut cara membuka kunci (unlocking) jaringan 5G di perangkat Vivo X60 Series dan Vivo V21 yang hadir lewat pembaruan software over the air (OTA):

Vivo V21 sudah mendukung jaringan 5G di IndonesiaVivo Indonesia Vivo V21 sudah mendukung jaringan 5G di Indonesia

  • Pertama, buka menu "Pengaturan" atau "Settings".
  • Pilih opsi "Pembaruan Sistem" atau "System Update".
  • Kemudian, klik "Download" dan install software update (Vivo V21 5G : version 1.9.2).
  • Setelah itu, "Restart" atau nyalakan perangkat secara otomatis untuk instalasi software.
  • Secara otomatis, perangkat Anda sudah bisa menggunakan jaringan 5G.
  • Anda bisa beralih ke jaringan 5G dengan cara memilih opsi "Mode Jaringan", lalu pilih menu pengaturan "Kartu SIM" atau "SIM Card".
  • Nantinya, akan muncul pop-up "Preferred Network Type".
  • Anda bisa memilih toggle "5G (preferred)/4G/3G/2G".
  • Sebelum menikmati layanan 5G, pastikan kartu SIM Anda sudah mendukung jaringan 5G dan mengaktifkan paket internet yang tersedia.
  • Anda juga harus berada di wilayah yang telah terjangkau dengan jaringan 5G

Untuk menikmati jaringan 5G Telkomsel, pengguna dapat melakukan aktivasi fitur 5G Ready kartu SIM melalui Call Center 188. Selanjutnya, pengguna dapat melakukan pembelian paket data dengan kuota yang bisa digunakan pada jaringan 5G melalui aplikasi MyTelkomsel.

Baca juga: Video: Selamat Datang 5G di Indonesia, Internet Cepat Buat Apa?

"Saat ini, dengan cakupan jaringan 5G Telkomsel telah menjangkau rangkaian hotspot serta beberapa kawasan pendidikan, residensial dan perkantoran, diharapkan kesempatan merasakan pengalaman 5G bagi pengguna 5G-Ready smartphone Vivo pun menjadi semakin besar," pungkas Denny.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.