Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kominfo: XL Axiata Gelar Uji Kelayakan 5G 3 Agustus

Kompas.com - 27/07/2021, 14:04 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata dalam waktu dekat akan menggelar Uji Laik Operasi (ULO) jaringan 5G. Hal tersebut disampaikan langsung oleh pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Menurut Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Dedy Permadi, XL Axiata akan melakukan uji kelayakan 5G pada 3 hingga 6 Agustus mendatang di Kota Depok.

ULO merupakan syarat penting yang perlu dilalui setiap operator seluler yang ingin menggelar layanan 5G secara komersial di Tanah Air.

"ULO untuk perangkat 5G frekuensi 1.800 MHz yang akan digunakan oleh XL Axiata, akan dilakukan pada 3-6 Agustus 2021," kata Dedy kepada KompasTekno, Selasa (27/7/2021).

Menurut Dedy, jadwal ULO XL Axiata ini sebenarnya mundur dari jadwal yang telah ditentukan sebelumnya, yaitu pada 2-4 Agustus. Musababnya ialah adanya perpanjangan PPKM Level 4 di kawasan Jabodetabek.

"Pengujian akan tetap dilaksanakan di Kota Depok sesuai dengan rencana awal," imbuh Dedi.

Saat dikonfirmasi, pihak XL Axiata membenarkan bahwa pihaknya terus bersiap untuk melakukan ULO 5G.

"Terkait dengan rencana ULO 5G, dapat kami sampaikan bahwa kami memang terus bersiap untuk menuju ULO 5G," kata Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih, kepada KompasTekno.

Baca juga: Operator Seluler yang Ingin Gelar 5G di Indonesia Harus Lolos ULO

Kendati demikian, wanita yang akrab disapa Ayu itu enggan mengumbar jadwal pasti uji laik operasi 5G miliknya, karena masih harus memperhatikan aturan PPKM yang berlaku.

"Namun, kami juga terus memperhatikan aturan terkait pemberlakuan PPKM terkini. Sehingga untuk waktu dan lokasi pastinya, hingga kini belum bisa kami sampaikan," kata Ayu.

Pakai teknologi DSS

Sebelumnya, Ayu mengonfirmasi bahwa XL Axiata akan menggelar layanan 5G dengan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS), di mana jaringan 5G akan digelar menggunakan frekuensi 4G yang sudah ada.

"Layanan 5G XL rencananya akan digelar lewat implementasi DSS menggunakan spektrum 1.800 MHz dan 2.100 MHz," kata Ayu, pada akhir Juni lalu.

Ia melanjutkan, dengan menggelar 5G lewat sistem DSS, diharapkan dapat mendorong pengembangan berbagai use case baru yang bermanfaat untuk industri.

Ayu turut menjelaskan, selama ini, XL Axiata sangat serius dalam mempersiapkan layanan 5G miliknya, baik dari segi teknis maupun non-teknis.

Dari segi teknis sendiri, ada sejumlah persiapan yang telah dilakukan oleh XL. Misalnya, perusahaan telah melakukan eksplorasi teknologi dan use case 5G sejak tahun 2017.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com