Cara Mematikan Tanda "Read" di WhatsApp, Facebook Messenger, dan iMessage

Kompas.com - 02/08/2021, 20:04 WIB
ilustrasi aplikasi. KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyantoilustrasi aplikasi.

KOMPAS.com - WhatsApp, Facebook Messenger, dan iMessage merupakan sebagian dari banyak aplikasi perpesanan instan yang sering digunakan pengguna untuk berkomunikasi.

Aplikasi perpesanan instan ini menawarkan sejumlah fitur yang absen pada SMS konvensional, salah satunya ialah fitur keterbacaan atau sering disebut sebagai read receipt.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui, apakah pesan yang dikirimnya sudah dibaca oleh orang yang dituju atau belum.

Bagi sebagian pengguna, fitur berguna sebagaimana mestinya. Namun ada sebagian pengguna lainnya yang memilih untuk menonaktifkan fitur read-receipt ini. Tujuannya tentu supaya orang yang mengiriminya pesan tidak mengetahui, apakah pesannya sudah dibaca/belum atau sedang diabaikan.

Baca juga: WhatsApp Resmi Bisa Dipakai di 4 Perangkat Bersamaan, Ponsel WA Tidak Harus Online

Nah, masing-masing aplikasi perpesanan memang menyediakan opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur read receipt ini. Berikut KompasTekno rangkumkan cara matikan fitur read di WhatsApp, Facebook Messenger, dan iMessage.

Cara mematikan tanda read di WhatsApp

Di WhatsApp, fitur read receipt ini diwakili dengan tanda dua centang biru. Jadi apabila pengguna mengirim pesan ke orang lain dan melihat tanda dua centang biru, itu artinya pesan sudah dibaca.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara default, WhatsApp mengaktifkan fitur read receipt ini di akun pengguna. Namun, pengguna bisa dengan mudah untuk menonaktifkannya. Berikut langkah-langkah selengkapnya.

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Klik titik tiga veritikal di sudut kanan atas layar
  • Pilih Settings > Account > Privacy
  • Pada opsi "read receipt", geser tombol toggle ke arah off.

Geser tombol toggle ke arah off (berwarna abu-abu) untuk mematikan fitur read receipt di WhatsApp.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Geser tombol toggle ke arah off (berwarna abu-abu) untuk mematikan fitur read receipt di WhatsApp.

Denga begitu, tanda dua centang birus di WhatsApp sudah dimatikan. Dengan begitu, orang yang mengirim pesan tidak akan tahu apakah pesannya sudah dibaca atau belum oleh si penerima pesan.

Perlu dicatat, pegaturan fitur read receipt ini berlaku pada semua chat di WhatsApp dan bersifat dua arah. Artinya, bila Anda menonaktifkan read receipt di WhatsApp miliknya, maka Anda juga tidak bisa melihat apakah pesannya sudah dibaca atau belum oleh si penerima pesan.

Baca juga: Cara Setop Terima Pesan WhatsApp di Android, Tanpa Matikan Internet dan Hapus Aplikasi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.