Google Akan Rakit Laptop Chromebook di Indonesia

Kompas.com - 03/08/2021, 13:02 WIB
Ilustrasi Google. Getty ImagesIlustrasi Google.

KOMPAS.com - Google, bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), menggandeng enam vendor laptop lokal dalam rangka menghadirkan produk Chromebook buatan dalam negeri.

Keenam vendor asal Indonesia tersebut adalah Advan, Axioo, Evercoss, SPC, Zyrex, dan TSMID.

Menurut Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf, langkah Google memproduksi Chromebook di Tanah Air merupakan salah satu komitmen Google dalam membantu meningkatkan sektor pendidikan di Indonesia.

Baca juga: Mengenal Chromebook, Bedanya dengan Laptop Biasa dan Daftar Harga di Indonesia

"Kami dengan bangga mengumumkan bahwa sejumlah jenis laptop yang menggunakan Chrome OS akan dibuat di Indonesia," ujar Randy dalam konferensi pers virtual Google for Education 2021, Selasa (3/8/2021).

"Ini merupakan pertama kalinya produsen lokal membuat Chromebook untuk Indonesia dan pasar ekspor," imbuh Randy.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbud Ristek, Wikan Sakarinto, dalam konferensi virtual Google for Education 2021, Selasa (3/8/2021).KOMPAS.com/BILL CLINTEN Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbud Ristek, Wikan Sakarinto, dalam konferensi virtual Google for Education 2021, Selasa (3/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal serupa juga diutarakan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Wikan Sakarinto.

Menurut Wikan, keenam vendor laptop tersebut akan membantu memproduksi Chromebook produk dalam negeri (PDN) demi memodernisasi teknologi pendidikan di Tanah Air.

"Keenam produsen dalam negeri ini akan membantu memproduksi ratusan ribu laptop hingga tahun 2022, yang tentunya kami harapkan dapat melibatkan ribuan anak muda Indonesia sebagai SDM dan tenaga kerja," tutur Wikan dalam kesempatan yang sama.

Baca juga: Harga Chromebook Acer, Asus, Axioo, Dell, HP, Lenovo, Samsung, dan Zyrex

Selain memproduksi Chromebook lokal, keenam vendor ini, lanjut Wikan, nantinya juga bakal melibatkan berbagai siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia untuk mengasah kemampuan mereka di industri manufaktur.

"Ini merupakan salah satu bentuk konkret link and match antara pendidikan vokasi berbasis project based learning, dengan industri dan dunia kerja," tambah Wikan.

Nantinya, keenam vendor lokal tadi akan menyiapkan sejumlah model Chromebook yang sesuai dengan spesifikasi yang tercantum di dalam Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2021, tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2021.

Beberapa di antaranya seperti Chromebook m432-1 dan m432-2 dari Zyrex, Axio Chromebook dari Axioo, Chromebook 116 dari Advan, Evercoss CB1 dari Evercoss, dan sejumlah perangkat lainnya yang tengah disiapkan SPC dan TSMID.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.