Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Ampuh Mempercepat Laptop Windows

Kompas.com - Diperbarui 27/01/2022, 14:19 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi jika performa komputer (PC) atau laptop bakal menurun seiring berjalannya waktu.

Apalagi, jika pengguna doyan memasang aplikasi dan menjejali harddisk/SSD dengan aneka file dan dokumen sampai penuh.

Untuk menjaga atau bahkan meningkatkan performa komputer dan laptop, ada beberapa trik yang bisa dilakukan, khususnya untuk perangkat dengan sistem operasi Windows 10.

Anda bisa mengikuti sejumlah langkah ini tanpa harus memasang aplikasi tambahan. Artinya, sejumlah fitur yang tercantum di sini sudah terpasang di dalam sistem secara default.

Berikut ini adalah 10 cara ampuh untuk meningkatkan performa PC atau laptop dengan  Windows 10 sebagaimana dirangkum KompasTekno.

1. Bersihkan hard disk

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan ruang penyimpanan komputer dari beragam file sampah dengan fitur "Disk Cleanup".

Fitur tersebut bisa diakses dengan cara mengunjungi menu Start, kemudian mengetikkan kata kunci (keyword) "disk cleanup", dan lalu tekan Enter.

Di halaman selanjutnya, pilih hard disk mana yang ingin dibersihkan dan klik tombol "OK". Lalu, pilih file apa saja yang ingin dibersihkan dengan memberikan tanda "centang" pada kotak yang tersedia. Setelah itu, klik "OK" dan "Delete Files".

Proses ini bisa dilakukan secara berkala untuk melegakan ruang media penyimpanan dari beragam file yang tidak begitu penting.

Baca juga: Bukan Huruf A, Ini Alasan Hard Disk Utama Komputer Selalu Huruf C

2. Optimasi hard disk

Selain dibersihkan, blok-blok memori di penyimpanan juga tentu saja perlu dioptimasi (optimize) atau ditata ulang (defragment) supaya bisa membaca dan menyimpan file dengan mulus. Proses ini dapat dilakukan melalui fitur "Defragment and Optimize Drives".

Untuk mengoptimasi hard disk, Anda bisa mengetikkan keyword "defragment" di menu Start dan klik Enter.

Lalu, pilih hard disk mana yang akan dioptimasi dan klik tombol "Optimize". Tunggu sampai proses defragmentation selesai. Sama seperti disk cleanup, Anda bisa melakukan proses ini secara berkala.

3. Hapus aplikasi yang tidak perlu

Aplikasi yang diinstal di komputer pada dasarnya memakan media penyimpanan. Apabila Anda gemar memasang aplikasi, apalagi beragam software berat seperti game, bisa dipastikan sisa storage Anda akan cepat menipis.

Nah, Anda bisa menghapus aneka aplikasi yang tidak perlu atau jarang digunakan sebagai solusinya. Untuk melakukan hal tersebut, Anda cukup mengetikkan kata kunci "add or remove programs" di menu Start dan tekan Enter.

Beberapa saat kemudian, Anda bakal disodori dengan daftar aplikasi yang terpasang di komputer. Pilih salah satu aplikasi yang tidak digunakan dan klik tombol "Uninstall".

Baca juga: Cara Screenshot di Komputer atau Laptop Windows 10

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com