Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fleets Hilang dari Twitter, Netizen Ucapkan Perpisahan

Kompas.com - 04/08/2021, 07:07 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Selamat tinggal Fleets. Fitur Twitter yang mirip Instagram Stories ini resmi ditutup mulai hari ini, Rabu (4/8/2021). Pengguna di Indonesia beramai-ramai berkomentar Fleets hilang.

Sebelumnya, melalui akun resminya, Twitter memang sudah mengumumkan bahwa Fleets akan dihentikan layanannya mulai 3 Agustus 2021.

Namun menurut pantauan KompasTekno, pada Selasa 3 Agustus pagi, Fleets masih muncul seperti biasa di sisi atas linimasa (timeline). Dan baru pada Rabu pagi ini, Fleets hilang dari Twitter.

Meski baru diperkenalkan pada November 2020 lalu, Twitter memutuskan untuk menghapus Fleets, karena fitur ini tidak banyak dipakai pengguna Twitter. Hal ini diungkapkan oleh Ilya Brown, selaku Wakil Presiden Produk Twitter.

Baca juga: Twitter Umumkan Penutupan Fleets

"Kami berharap Fleets bisa membantu lebih banyak orang nyaman bergabung dalam percakapan di Twitter," kata Brown.

"Tapi sejak kami memperkenalkan Fleets ke semua orang, kami tidak pernah melihat peningkatan jumlah percakapan orang-orang dengan Fleets seperti harapan kami," imbuhnya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Rabu(4/8/2021).

Reaksi netizen Indonesia

Kabar Fleets hilang ini mungkin melegakan bagi sejumlah pengguna Twitter, terutama mereka yang menolak kehadiran Fleets sejak awal. Pada awal kemunculannya, Twitter Fleets cukup menimbulkan pro-kontra, ada yang suka dan tidak suka.

Bagi sebagian orang, kehadiran Fleets membuat Twitter sama saja dengan media sosial lain yang memiliki fitur Stories, seperti Instagram, Snapchat, Facebook, hingga WhatsApp.

Bahkan sempat ada yang enggan memperbarui aplikasi ke versi baru untuk menghindari fitur Fleets. Twitter sendiri menyadari pro-kontra ini.

"Kami akan menghapus fitur Fleets pada 3 Agustus, (kami) sedang menggarap beberapa hal baru lainnya. Kami meminta maaf atau sama-sama," tulis Twitter dalam pengumumannya.

Kendati demikian, ada pula pengguna yang merasa kehilangan dan merasa kecewa dengan dihapusnya fitur mirip Instagram Stories ini.

Baca juga: Cara Share Twitter ke Instagram Stories Tanpa Screenshot

Misalnya, sejumlah netizen Indonesia mengaku belum terbiasa melihat antarmuka Twitter tanpa fitur Fleets, yang biasa menghiasi bagian atas timeline. Hal ini terlihat dari beberapa kicauan di Twitter.

Fitur Fleets di aplikasi TwitterThe Verge Fitur Fleets di aplikasi Twitter

Netizen Indonesia lainnya juga merasa menyia-nyiakan Fleets sewaktu fitur ini masih ada di Twitter. Dan baru merasa kehilangan setelah Fleets benar-benar dihapus dari layanan Twitter.

"Sedikit kecewa, tapi gapapa," twit akun dengan handle @itnewhsr lengkap dengan emoji Relieved face.

"agak beda aja, sedih gaada space lagi tpi, gapernah bikin Fleets juga," kicau akun @Dday6Bob.

 

Halaman:
Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com