Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Foto dan Video yang Bisa Hilang Sendiri di WhatsApp Resmi Dirilis

Kompas.com - 04/08/2021, 09:40 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp akhirnya resmi menggulirkan fitur yang memungkinkan foto dan video dapat hilang secara otomatis setelah dilihat penerima.

Fitur bernama "View Once" ini sebelumnya sudah lebih dulu hadir di pengguna WhtasApp versi beta. Kini, fitur tersebut sudah bisa dijajal oleh seluruh pengguna WhatsApp.

Melalui blog resminya, WhatsApp mengatakan mulai menggulirkan fitur "View Once" kepada seluruh pengguna mulai pekan ini. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan foto dan video dilihat sekali saja oleh penerima.

Setelah file dibuka, foto atau video akan menghilang dari ruang obrolan, sehingga penerima maupun pengirim tidak bisa lagi melihat isi pesan. Pesan foto atau video yang sudah dibuka akan menampilkan keterangan menjadi "dibuka".

Baca juga: Fitur Sembunyikan Chat WhatsApp Tanpa Blokir Kontak Resmi Dirilis

Fitur ini berguna bagi mereka yang ingin mengirim pesan sensitif dan mencegah informasi itu tersebar ke lebih banyak pengguna.

Kendati demikian, pengirim pesan tetap perlu waspada, sebab tidak menutup kemungkinan penerima pesan melakukan tangkapan layar (screenshot) untuk merekam isi foto atau video.

KompasTekno sempat melakukan percobaan untuk melakukan screenshot terhadap foto atau video yang dikirim lewat fitur "Sekali lihat".

Hasilnya, tidak ada notifikasi jika foto atau video direkam atau screenshot. Hal ini berbeda dengan fitur "View Once" di Instagram, di mana pengirim akan diberi notifikasi jika penerima melakukan screenshot foto atau video.

Fitur view once di grup WhatsApp, di mana pengirim bisa melihat siapa saja yang telah membuka, melihat, dan menerima foto atau video.kompas.com Fitur view once di grup WhatsApp, di mana pengirim bisa melihat siapa saja yang telah membuka, melihat, dan menerima foto atau video.

WhatsApp mengklaim, seperti pesan lain yang melintas di platformnya, foto atau video yang dikirim dengan fitur sekali lihat juga akan dilindungi enkripsi end-to-end.

Sehingga, WhatsApp maupun pihak ketiga lainnya tidak bisa melihat isi pesan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.