Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Foto dan Video yang Bisa Hilang Sendiri di WhatsApp Resmi Dirilis

Kompas.com - 04/08/2021, 09:40 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp akhirnya resmi menggulirkan fitur yang memungkinkan foto dan video dapat hilang secara otomatis setelah dilihat penerima.

Fitur bernama "View Once" ini sebelumnya sudah lebih dulu hadir di pengguna WhtasApp versi beta. Kini, fitur tersebut sudah bisa dijajal oleh seluruh pengguna WhatsApp.

Melalui blog resminya, WhatsApp mengatakan mulai menggulirkan fitur "View Once" kepada seluruh pengguna mulai pekan ini. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan foto dan video dilihat sekali saja oleh penerima.

Setelah file dibuka, foto atau video akan menghilang dari ruang obrolan, sehingga penerima maupun pengirim tidak bisa lagi melihat isi pesan. Pesan foto atau video yang sudah dibuka akan menampilkan keterangan menjadi "dibuka".

Baca juga: Fitur Sembunyikan Chat WhatsApp Tanpa Blokir Kontak Resmi Dirilis

Fitur ini berguna bagi mereka yang ingin mengirim pesan sensitif dan mencegah informasi itu tersebar ke lebih banyak pengguna.

Kendati demikian, pengirim pesan tetap perlu waspada, sebab tidak menutup kemungkinan penerima pesan melakukan tangkapan layar (screenshot) untuk merekam isi foto atau video.

KompasTekno sempat melakukan percobaan untuk melakukan screenshot terhadap foto atau video yang dikirim lewat fitur "Sekali lihat".

Hasilnya, tidak ada notifikasi jika foto atau video direkam atau screenshot. Hal ini berbeda dengan fitur "View Once" di Instagram, di mana pengirim akan diberi notifikasi jika penerima melakukan screenshot foto atau video.

Fitur view once di grup WhatsApp, di mana pengirim bisa melihat siapa saja yang telah membuka, melihat, dan menerima foto atau video.kompas.com Fitur view once di grup WhatsApp, di mana pengirim bisa melihat siapa saja yang telah membuka, melihat, dan menerima foto atau video.

WhatsApp mengklaim, seperti pesan lain yang melintas di platformnya, foto atau video yang dikirim dengan fitur sekali lihat juga akan dilindungi enkripsi end-to-end.

Sehingga, WhatsApp maupun pihak ketiga lainnya tidak bisa melihat isi pesan.

Fitur ini bisa digunakan, baik di percakapan pribadi maupun grup.

Jika dikirim ke grup WhatsApp, pengirim akan bisa melihat siapa saja yang sudah membuka foto atau video, baru melihat, dan baru menerima pesan.

Apabila dalam satu grup tersebut terdapat kontak yang diblokir, kontak tersebut tetap akan bisa melihat foto atau video yang dikirim dengan fitur "view once".

Baca juga: Ada Spyware Pegasus, Presiden Jokowi Diminta Tak Pakai WhatsApp

Fitur ini juga tetap berlaku, meskipun WhatsApp yang digunakan penerima belum mendapat pembaruan terkait. Selain pengguna WhatsApp versi mobile, WhatsApp versi desktop juga bisa mencoba fitur ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari blog WhatsApp, Rabu (4/8/2021).

Cara mengirim foto sekali lihat di WhatsApp

Cara menggunakan fitur ini sangat mudah. Selengkapnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, pilih gambar yang ingin dikirim, bisa secara langsung lewat tombol attachment di aplikasi WhatsApp atau melalui galeri ponsel.
  2. Sesaat sebelum mengirim foto atau video, lihat di sisi bawah kolom teks. Tepat di sebelah kiri tombol kirim, terdapat ikon angka "1" yang terbingkai lingkaran.
  3. Klik ikon tersebut sampai muncul pop up berbunyi "Photo set to view once" (foto diatur sekali lihat).
  4. Kemudian kirim foto atau video tersebut.
  5. Dari sisi penerima, akan muncul keterangan bahwa foto atau video yang diterima, diatur menggunakan fitur "View once". Namun, kemungkinan keterangan itu akan muncul di awal saja.
  6. Setelah foto atau video dibuka, akan muncul keterangan "opened" (dibuka) dengan centang ganda bewarna biru, menandakan file telah dilihat dan tidak akan bisa dibuka lagi.
  7. Sekalipun status "telah dilihat" di WhatsApp dinon-aktifkan, foto atau video yang dikirim menggunakan fitur "sekali lihat" tetap akan muncul dengan centang ganda bewarna biru jika pesan telah dibuka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com