Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Sempurnakan Teknologi Kamera Selfie Bawah Layar

Kompas.com - 04/08/2021, 10:10 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada 2019 lalu, Oppo sempat memamerkan ponsel yang mengusung kamera depan yang dipasang di bawah permukaan layar, atau diistilahkan Oppo dengan "under screen camera (USC)".

Berselang dua tahun sejak pertama dipamerkan, Oppo akhirnya resmi meluncurkan teknologi under screen camera generasi terbarunya hari ini, Rabu (4/8/2021).

Teknologi USC generasi baru ini diklaim mampu memberikan pengalaman melihat layar ponsel yang lebih luas, karena tidak ada poni sebagai rumah kamera selfie, tanpa mengorbankan kualitas hasil foto pada kamera depan.

Baca juga: Ponsel Oppo A74, A53, dan A54 Turun Harga di Indonesia

Hal tersebut bisa dicapai Oppo dengan menggabungkan inovasi hardware dan algoritma Artificial Intelligence (AI) terbaik yang dimiliki Oppo saat ini.

Dan selama pengembangannya, teknologi kamera bawah layar baru ini berhasil memecahkan berbagai tantangan teknis, mulai dari inkonsistensi layar pada area kamera depan, kualitas gambar yang dihasilkan, dan permasalahan dengan kualitas ponselnya itu sendiri.

"Namun, para developer OPPO berhasil mengeksplorasi dan menghasilkan keseimbangan desain yang dapat menghasilkan perangkat tipis dengan layar penuh," kata Oppo, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu.

Ilustrasi berswafot bersamaOppo Ilustrasi berswafot bersama

Dari situ, teknologi USC generasi terbaru ini mampu menggantikan kamera selfie tradisional yang biasanya berbentuk tetesan air atau lubang kecil, menjadi kamera yang dibenamkan di bawah layar.

Secara total, terdapat empat inovasi baru yang diberikan Oppo pada teknologi kamera bawah layarnya, detailnya adalah sebagai berikut:

1. Piksel Geometri

Teknologi under screen camera baru Oppo ini menghadirkan solusi baru untuk mengecilkan ukuran setiap piksel tanpa mengurangi jumlah piksel di layar.

Meski dikecilkan, Oppo mengklaim layar ponsel yang menggunakan teknologi USC terbaru ini masih akan memiliki kerapatan piksel 400 PPI, bahkan di area sekitar kamera depannya.

2. Pemasangan kabel transparan

OPPO mengganti kabel layar tradisional dengan kabel transparan yang baru. Kabel ini dibuat melalui proses manufaktur presisi tinggi, di mana lebar kabel dapat dikurangi hingga 50 persen.

Oppo mengklaim, pemasangan kabel transparan ini akan menghasilkan kualitas tampilan yang jauh lebih mulus pada layar ponsel.

3. Peningkatan akurasi layar, warna, dan kecerahan

Oppo juga menjelaskan, teknologi under screen camera generasi terbaru ini juga menggunakan teknologi layar eksklusif, di mana pada setiap rangkaian piksel hanya menggerakkan 1 piksel (“1-ke-1”).

Teknologi USC terbaru Oppo diklaim bisa menghasilkan kecerahan layar yang tepat dan memberikan tampilan huruf yang lebih akurat.Oppo Indonesia Teknologi USC terbaru Oppo diklaim bisa menghasilkan kecerahan layar yang tepat dan memberikan tampilan huruf yang lebih akurat.
Teknologi layar tersebut, kata Oppo, berbeda dengan standar industri ponsel yang saat ini digunakan, di mana layar menggunakan sirkuit 1 piksel untuk menggerakkan 2 piksel (“1-ke-2”) di area layar di atas kamera.

Baca juga: 5 Vendor Ini Siapkan Ponsel dengan Kamera di Bawah Layar

Nah, ketika teknologi layar sirkuit piksel “1-ke-1” Oppo ini dikombinasikan dengan teknologi kompensasi algoritmik yang tepat, memungkinkan mendapatkan hasil kromatisitas (kualitas warna) dan kecerahan di keseluruhan layar denganbaik. Dengan penyimpangan hanya sebesar 2 persen.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com