Oppo Sempurnakan Teknologi Kamera Selfie Bawah Layar

Kompas.com - 04/08/2021, 10:10 WIB
Ilustrasi teknologi under screen camera (USC) generasi terbaru dari Oppo. Oppo IndonesiaIlustrasi teknologi under screen camera (USC) generasi terbaru dari Oppo.

KOMPAS.com - Pada 2019 lalu, Oppo sempat memamerkan ponsel yang mengusung kamera depan yang dipasang di bawah permukaan layar, atau diistilahkan Oppo dengan "under screen camera (USC)".

Berselang dua tahun sejak pertama dipamerkan, Oppo akhirnya resmi meluncurkan teknologi under screen camera generasi terbarunya hari ini, Rabu (4/8/2021).

Teknologi USC generasi baru ini diklaim mampu memberikan pengalaman melihat layar ponsel yang lebih luas, karena tidak ada poni sebagai rumah kamera selfie, tanpa mengorbankan kualitas hasil foto pada kamera depan.

Baca juga: Ponsel Oppo A74, A53, dan A54 Turun Harga di Indonesia

Hal tersebut bisa dicapai Oppo dengan menggabungkan inovasi hardware dan algoritma Artificial Intelligence (AI) terbaik yang dimiliki Oppo saat ini.

Dan selama pengembangannya, teknologi kamera bawah layar baru ini berhasil memecahkan berbagai tantangan teknis, mulai dari inkonsistensi layar pada area kamera depan, kualitas gambar yang dihasilkan, dan permasalahan dengan kualitas ponselnya itu sendiri.

"Namun, para developer OPPO berhasil mengeksplorasi dan menghasilkan keseimbangan desain yang dapat menghasilkan perangkat tipis dengan layar penuh," kata Oppo, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi berswafot bersamaOppo Ilustrasi berswafot bersama

Dari situ, teknologi USC generasi terbaru ini mampu menggantikan kamera selfie tradisional yang biasanya berbentuk tetesan air atau lubang kecil, menjadi kamera yang dibenamkan di bawah layar.

Secara total, terdapat empat inovasi baru yang diberikan Oppo pada teknologi kamera bawah layarnya, detailnya adalah sebagai berikut:

1. Piksel Geometri

Teknologi under screen camera baru Oppo ini menghadirkan solusi baru untuk mengecilkan ukuran setiap piksel tanpa mengurangi jumlah piksel di layar.

Meski dikecilkan, Oppo mengklaim layar ponsel yang menggunakan teknologi USC terbaru ini masih akan memiliki kerapatan piksel 400 PPI, bahkan di area sekitar kamera depannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.