Rumah Oksigen Gotong Royong Resmi Beroperasi, Ini Cara Pendaftarannya

Kompas.com - 05/08/2021, 13:26 WIB
Rumah Oksigen Gotong Royong yang diinisasi oleh GoTo Group, Kamar Dagang dan Indsutri (KADIN) Indonesia, PT Aneka Gas Industri Tbk (Samator Group),  Master Steel, Tripatra, Halodoc beserta Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB). GojekRumah Oksigen Gotong Royong yang diinisasi oleh GoTo Group, Kamar Dagang dan Indsutri (KADIN) Indonesia, PT Aneka Gas Industri Tbk (Samator Group), Master Steel, Tripatra, Halodoc beserta Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB).

KOMPAS.com - Rumah Oksigen Gotong Royong (ROGR) yang diinisasi oleh GoTo Group -entitas gabungan Gojek dan Tokopedia- resmi beroperasi. Fasilitas kesehatan semi permanen ini berlokasi di Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Untuk mewujudkan Rumah Oksigen Gotong Royong ini, GoTo bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Indsutri (KADIN) Indonesia, PT Aneka Gas Industri Tbk (Samator Group), Master Steel, Tripatra, Halodoc beserta Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB).

Arsjad Rasjid selaku Ketua Umum KADIN Indonesia mengatakan pembangunan ROGR dilakukan selama tiga minggu.

Rumah Oksigen ini berdiri di atas lahan yang disediakan oleh PT The Master Steel dan didukung oleh PT Tripatra Engineers and Constructors sebagai perusahaan yang menangani pembangunan Rumah Oksigen.

Baca juga: Aplikasi Android Pengukur Saturasi Oksigen, Bisakah Diandalkan?

"Kami berharap fasilitas ini bisa menolong banyak orang yang terkena COVID-19 bergejala ringan untuk mendapatkan oksigen," kata Arsjad.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (5/8/2021), Rumah Oksigen Gotong Royong telah siap menampung pasien dengan gejala ringan mulai 2 Agustus 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Para pasien dengan gejala ringan dan tanpa komorbid bisa dengan mudah mendapatkan perawatan dan akses kepada oksigen medis yang akan mengalir langsung dari Pabrik Samator selama 24 jam penuh," kata Andre Soelistyo, CEO GoTo.

"Kami berterima kasih kepada Pusat Kesehatan TNI, POLRI, IDI, dan relawan Kemenkes yang akan mengelola ROGR - mereka punya pengalaman panjang dalam mengoperasikan rumah sakit lapangan," imbuh Andre.

Pasien akan dirawat oleh tenaga kesehatan dari RSDC Wisma Atlet yang merupakan kolaborasi dari TNI, POLRI, IDI, dan relawan Kemenkes RI. ROGR akan memiliki kapasitas sekitar 500 tempat tidur yang tersebar di empat unit perawatan.

Baca juga: Mengenal GoTo, Payung Besar Penaung Gojek dan Tokopedia

Aliran oksigen akan dipasok langsung dari pabrik PT Aneka Gas Industri Tbk lewat pipanisasi sebanyak 350-400 liter/jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.