TikTok Uji Coba Fitur Mirip Instagram Stories

Kompas.com - 05/08/2021, 16:30 WIB
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Fitur Stories nampaknya menjadi tren di media sosial yang menginspirasi platform lain. Setelah Twitter dengan Fleets, TikTok kabarnya bakal mengekor Stories juga. 

Aplikasi berbagi video pendek itu diketahui sedang menguji coba fitur Stories ala Instagram. Fitur bertajuk "TikTok Stories" ini disebut baru bisa dinikmati oleh pengguna di luar wilayah Amerika Serikat saja.

Baca juga: Fleets Hilang dari Twitter, Netizen Ucapkan Perpisahan

Kemunculan fitur TikTok Stories pertama kali diungkap oleh pengulas aplikasi, Matt Navarra di media sosial Twitter. Matt membagikan sejumlah tangkapan layar yang menampilkan wujud dari TikTok Stories yang sedang diuji coba.

Sama seperti Instagram Stories, fitur untuk berbagi foto, video, atau konten lainnya ini memiliki durasi tayang 24 jam sebelum terhapus sendiri.

Untuk membuka fitur TikTok Stories, pengguna hanya perlu mengusap layar (swipe) ke arah kanan. Nantinya, akan muncul dua ikon yakni "Create" dan "Stories".

Unggahan TikTok Stories dari akun yang diikuti pun akan berada di sisi kiri dan disusun secara vertikal. Uniknya, Anda juga bisa menjumpai Stories orang lain yang tidak Anda ikuti.

Dengan begitu, pengguna dapat memberi komentar pada unggahan konten TikTok Stories siapapun karena bersifat publik. Namun, belum dipastikan, apakah nantinya akan ada opsi privat atau tidak.

Sebelum mengunggah ke TikTok Stories, pengguna bisa menambahkan komponen seperti teks, stiker, lagu, efek, atau ornamen lain sebagai pemanis dari konten yang akan di-upload.

Baca juga: Deretan Inovasi Instagram yang Terinspirasi dari Snapchat, TikTok, dan YouTube

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Kamis (5/8/2021), ada juga tab lain di mana pengguna bisa melihat berapa banyak views dari konten TikTok Stories yang dibagikan.

Kendati demikian, fitur TikTok Stories saat ini disebut masih dalam tahap pengembangan dan belum diketahui kapan akan dirilis secara resmi kepada publik.

Stories sendiri sebenarnya bukan fitur original Instagram. Jejaring sosial yang dimiliki Facebook itu awalnya menjiplak fitur Stories dari Snapchat beberapa tahun lalu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechCrunch


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.