Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Uji Coba Fitur Mirip Instagram Stories

Kompas.com - 05/08/2021, 16:30 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Fitur Stories nampaknya menjadi tren di media sosial yang menginspirasi platform lain. Setelah Twitter dengan Fleets, TikTok kabarnya bakal mengekor Stories juga. 

Aplikasi berbagi video pendek itu diketahui sedang menguji coba fitur Stories ala Instagram. Fitur bertajuk "TikTok Stories" ini disebut baru bisa dinikmati oleh pengguna di luar wilayah Amerika Serikat saja.

Baca juga: Fleets Hilang dari Twitter, Netizen Ucapkan Perpisahan

Kemunculan fitur TikTok Stories pertama kali diungkap oleh pengulas aplikasi, Matt Navarra di media sosial Twitter. Matt membagikan sejumlah tangkapan layar yang menampilkan wujud dari TikTok Stories yang sedang diuji coba.

Sama seperti Instagram Stories, fitur untuk berbagi foto, video, atau konten lainnya ini memiliki durasi tayang 24 jam sebelum terhapus sendiri.

Untuk membuka fitur TikTok Stories, pengguna hanya perlu mengusap layar (swipe) ke arah kanan. Nantinya, akan muncul dua ikon yakni "Create" dan "Stories".

Unggahan TikTok Stories dari akun yang diikuti pun akan berada di sisi kiri dan disusun secara vertikal. Uniknya, Anda juga bisa menjumpai Stories orang lain yang tidak Anda ikuti.

Dengan begitu, pengguna dapat memberi komentar pada unggahan konten TikTok Stories siapapun karena bersifat publik. Namun, belum dipastikan, apakah nantinya akan ada opsi privat atau tidak.

Sebelum mengunggah ke TikTok Stories, pengguna bisa menambahkan komponen seperti teks, stiker, lagu, efek, atau ornamen lain sebagai pemanis dari konten yang akan di-upload.

Baca juga: Deretan Inovasi Instagram yang Terinspirasi dari Snapchat, TikTok, dan YouTube

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Kamis (5/8/2021), ada juga tab lain di mana pengguna bisa melihat berapa banyak views dari konten TikTok Stories yang dibagikan.

Kendati demikian, fitur TikTok Stories saat ini disebut masih dalam tahap pengembangan dan belum diketahui kapan akan dirilis secara resmi kepada publik.

Stories sendiri sebenarnya bukan fitur original Instagram. Jejaring sosial yang dimiliki Facebook itu awalnya menjiplak fitur Stories dari Snapchat beberapa tahun lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com