Pertama Kali, Penjualan Ponsel Xiaomi Tertinggi di Dunia

Kompas.com - 06/08/2021, 12:04 WIB
Authorized Mi Store di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta. KOMPAS.com/Reska K. NistantoAuthorized Mi Store di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta.

KOMPAS.com - Pelan tapi pasti, Xiaomi semakin mengancam posisi Samsung sebagai penguasa pasar smartphone global.

Pada Juni 2021 lalu, untuk pertama kalinya, jumlah penjualan ponsel Xiaomi tercatat sebagai yang tertinggi di dunia, melampaui Samsung dan Apple.

Menurut laporan dari Counterpoint Research Monthly Market Pulse Service, penjualan smartphone Xiaomi naik 26 persen dari bulan ke bulan (MoM) pada Juni 2021.

Hasil itu membuat Xiaomi menjadi merek smartphone dengan pertumbuhan tercepat dalam sebulan.

Baca juga: Geser Samsung, Xiaomi Jadi Ponsel Nomor Satu di Eropa

Namun jika dilihat dari penjualan secara global per kuartal II-2021, Xiaomi menduduki posisi kedua di bawah Samsung, setelah menjual hampir 800 juta unit smartphone.

Dipengaruhi Huawei

Menurut Researcher Director Counterpoint, Tarun Pathak, mulusnya jalan Xiaomi menuju puncak turut dipengaruhi nasib Huawei di sektor mobile. Sejak "dihukum" pemerintah Amerika Serikat pada 2018 lalu, bisnis mobile Huawei terseok-seok.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada kuartal IV-2020, Huawei terlempar dari lima besar merek smartphone global. Menurut Counterpoint Research, pengiriman smartphone Huawei pada periode tersebut turun 41 persen secara year over year (YoY).

Pada kuartal IV-2020, Huawei mengirimkan 33 juta unit smartphone, turun dari periode yang sama tahun lalu yang mencapai 56,2 juta unit.

"Sejak penurunan Huawei terjadi, Xiaomi berhasil konsisten dan agresif untuk mengisi ceruk yang dihasilkan dari penurunan (Huawei)," jelas Pathak.

Baca juga: Ketika Smartphone Xiaomi Menggunakan HarmonyOS Buatan Huawei

Ia menambahkan, Xiaomi mengisi kekosongan Huawei dan anak perusahaannya, Honor di beberapa pasar penting, seperti China, Eropa, Afrika, dan Timur Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.