Vivo Patenkan Ponsel Berbentuk Mirip iPod

Kompas.com - 06/08/2021, 12:34 WIB
Desain ponsel Vivo yang mirip iPod (kiri) dan seri ponsel terbaru bernama Zen (kanan). GizmochinaDesain ponsel Vivo yang mirip iPod (kiri) dan seri ponsel terbaru bernama Zen (kanan).
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Masih ingat dengan iPod Classic? Pemutar musik portabel yang ikonik itu antara lain dikenal dengan desain tombol putar clickwheel yang terdapat di bawah layar.

Belakangan, Vivo diketahui mematenkan sebuah rancangan ponsel yang mirip dengan iPod. Sejumlah gambar rekaan (render) yang didasarkan pada paten tersebut memperlihatkan empat tombol dalam wadah lingkaran serupa clickwheel.

Tampak bahwa layar perangkat hanya menutup setengah bagian depannya karena harus berbagi tempat dengan "clickwheel". Rancangannya agak aneh karena layar sentuh smartphone modern sebenarnya bisa menjalankan berbagai fungsi tanpa butuh tombol fisik.

Baca juga: Situs Ini Hadirkan iPod Virtual, Bisa Putar Musik dan Main Game

Dokumen paten yang diajukan ke kantor hak paten China (CNIPA) ini memastikan bahwa rancangan perangkat di dalamnya merupakan smartphone, bukan pemutar musik.

Selain ponsel yang mirip dengan iPod, dokumen paten tadi juga menguak lini smartphone baru Vivo yang bernama "Zen".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seri ponsel ini kemungkinan menyasar segmen entry-level karena terlihat hanya memiliki sebuah kamera belakang dalam bocoran gambar render yang beredar, sebagaimana dihimpun  KompasTekno dari Gizmochina, Jumat (6/8/2021).

Baca juga: Apple dan Pemerintah AS Pernah Bikin iPod Misterius, untuk Apa?

Selain kamera tunggal, di punggung juga tertera branding berbunyi "Zen". Bagian belakang ponsel agaknya memiliki skema warna duo-tone, mirip dengan lini ponsel Pixel besutan Google.

Tentu saja, karena masih berupa paten, masih belum bisa dipastikan apakah lini ponsel Zen dan "smartphone iPod" dari Vivo ini akan benar-benar diwujudkan dalam bentuk perangkat final atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.