Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vivo Patenkan Ponsel Berbentuk Mirip iPod

Kompas.com - 06/08/2021, 12:34 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Masih ingat dengan iPod Classic? Pemutar musik portabel yang ikonik itu antara lain dikenal dengan desain tombol putar clickwheel yang terdapat di bawah layar.

Belakangan, Vivo diketahui mematenkan sebuah rancangan ponsel yang mirip dengan iPod. Sejumlah gambar rekaan (render) yang didasarkan pada paten tersebut memperlihatkan empat tombol dalam wadah lingkaran serupa clickwheel.

Tampak bahwa layar perangkat hanya menutup setengah bagian depannya karena harus berbagi tempat dengan "clickwheel". Rancangannya agak aneh karena layar sentuh smartphone modern sebenarnya bisa menjalankan berbagai fungsi tanpa butuh tombol fisik.

Baca juga: Situs Ini Hadirkan iPod Virtual, Bisa Putar Musik dan Main Game

Dokumen paten yang diajukan ke kantor hak paten China (CNIPA) ini memastikan bahwa rancangan perangkat di dalamnya merupakan smartphone, bukan pemutar musik.

Selain ponsel yang mirip dengan iPod, dokumen paten tadi juga menguak lini smartphone baru Vivo yang bernama "Zen".

Seri ponsel ini kemungkinan menyasar segmen entry-level karena terlihat hanya memiliki sebuah kamera belakang dalam bocoran gambar render yang beredar, sebagaimana dihimpun  KompasTekno dari Gizmochina, Jumat (6/8/2021).

Baca juga: Apple dan Pemerintah AS Pernah Bikin iPod Misterius, untuk Apa?

Selain kamera tunggal, di punggung juga tertera branding berbunyi "Zen". Bagian belakang ponsel agaknya memiliki skema warna duo-tone, mirip dengan lini ponsel Pixel besutan Google.

Tentu saja, karena masih berupa paten, masih belum bisa dipastikan apakah lini ponsel Zen dan "smartphone iPod" dari Vivo ini akan benar-benar diwujudkan dalam bentuk perangkat final atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com