Kompas.com - 06/08/2021, 15:07 WIB
ilustrasi Android vs iPhone androidcentral.comilustrasi Android vs iPhone
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Dunia smartphone saat ini praktis terbagi dua antara Android dan iOS. Pengguna Android berjumlah lebih banyak, tapi mereka ternyata tidak sesetia pemakai iPhone.

Menurut survei yang dilakukan oleh lembaga Consumer Intelligence Research Partner (CIRP), selama empat tahun terakhir, loyalitas pengguna Android mengalami penurunan. Sementara, kesetiaan pengguna iPhone terhadap perangkatnya justru meningkat secara perlahan.

Pada kuartal II-2021 misalnya, hasil riset CIRP menunjukkan bahwa loyalitas pengguna iPhone berada di angka 93 persen dan Android sekitar 88 persen.

Artinya 93 persen pengguna iPhone bakal tetap memilih ponsel buatan Apple ketika harus membeli perangkat baru. Sementara di kubu yang berseberangan, kemungkinan hanya 88 persen pengguna Android yang akan tetap memilih platform itu saat upgrade.

Baca juga: Daftar 10 Ponsel Android Terkencang Versi Antutu Juli 2021

Riset ini CIRP dilakukan pada April 2021 hingga Juni 2021 dan diikuti oleh 500 responden melalui survei online.

Menariknya, data CIRP menunjukkan bahwa situasinya terbalik pada 2017 lalu, di mana tingkat kesetiaan pengguna Android unggul dengan angka 91 persen, dibandingkan 86 persen untuk iPhone. 

"Loyalitas dan peralihan ini menunjukan beberapa perubahan. Loyalitas pengguna iOS yang naik secara perlahan juga ikut mempengaruhi kondisi pangsa pasar," kata Mike Levin, Co Founder CIRP.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beda merek, beda kesetiaan

Sebuah survei lain yang dilakukan oleh situs jual beli ponsel SellCell mengungkap bahwa tingkat kesetiaan pengguna antar merek ponsel ternyata juga berbeda-beda.

Survei SellCell melibatkan 5.000 partisipan yang merupakan pengguna perangkat seluler di Amerika Serikat. Hasilnya menunjukkan bahwa loyalitas pengguna Apple (iPhone) sangat tinggi, yaitu berada di angka 92 persen, naik 1,5 poin dari 2019 lalu.

Selama periode yang sama, loyalitas pengguna Android yang memakai produk Samsung turun dari 85,7 persen menjadi 74 persen. Artinya, sebagian besar pengguna Samsung memilih merek yang berbeda saat mereka ingin mengganti perangkat baru.

Baca juga: Studi: Hampir Semua Game Gratis Terpopuler di Android Memiliki Celah Keamanan

Adapun 53 persen pengguna Samsung mengatakan bahwa mereka tertarik untuk beralih ke iPhone, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Jumat (6/8/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.