Pecah Rekor Lagi, Game Super Mario Bros Laku Lebih dari Rp 28 Miliar

Kompas.com - 09/08/2021, 08:10 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Seri Super Mario Bros belakangan langganan memuncaki daftar game termahal di dunia.  Bulan lalu, misalya, "kaset" game Super Mario 64 berhasil dilepas dengan harga mencapai 1,56 juta dollar AS (sekitar Rp 22,6 miliar).

Kini, sebuah kaset game Super Mario Bros. orisinal untuk konsol Nintendo Entertainment System (NES) yang dirilis pada 1985 dilaporkan kembali memecahkan rekor dengan terjual seharga 2 juta dolar AS (sekitar Rp 28,7 miliar).

Namun, alih-alih dijual dengan sistem lelang seperti aneka game lawas pada umumnya, game ini dibeli oleh seorang kolektor misterius melalui Rally, sebuah situs yang menyulap berbagai barang koleksi menjadi aset yang bisa dimiliki siapa saja melalui investasi.

Baca juga: Nintendo dan Tag Heuer Bikin Jam Tangan Super Mario

Seseorang, misalnya, bisa membeli sejumlah saham dari barang antik yang mereka inginkan di sana. Nantinya, orang yang ingin membeli atau "mengakuisisi" barang koleksi tersebut harus mendapatkan persetujuan dari para investor.

Penjualan kaset game Super Mario Bros. bernilai 2 juta dolar AS tadi pun diklaim sudah disepakati para investor dan konon mereka mendapatkan untung sekitar 900 persen dari setiap saham yang dimiliki.

Rally sendiri membeli game tersebut dengan harga 140.000 dolar AS (Rp 2 miliar) pada April 2020 lalu. Sehingga, wajar saja apabila para investor yang sempat membeli saham game ini di sana mendapatkan keuntungan tinggi.

Baca juga: Ini Alasan Tokoh Game Mario Bros Berprofesi sebagai Tukang Ledeng

Kaset game ini dibanderol dengan harga selangit karena disebut masih disegel dan memiliki kondisi yang sempurna dengan kotak kemasan versi edisi terbatas, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Polygon, Senin (9/8/2021).

Dalam setahun terakhir, rekor game termahal sendiri terus terpecahkan, sehingga bukan tidak mungkin predikat tersebut akan kembali diambil alih oleh game lainnya dalam waktu dekat.

Sebelumnya, rekor game termahal sempat dipegang oleh The Legend of Zelda yang laku 870.000 dolar AS (sekitar Rp 12,4 miliar) pada Juli 2021, dan Super Mario Bros. dengan harga 660.000 dolar AS (sekitar Rp 9,4 miliar) pada April.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Polygon


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.