PPKM Level 4, Tingkat Kerumunan di Pemukiman Meningkat

Kompas.com - 09/08/2021, 18:01 WIB

KOMPAS.com - Guna menekan laju penularan Covid-19 gelombang dua di kawasan Jawa dan Bali, pemerintah kembali memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 9 Agustus 2021.

Selama PPKM berlangsung, segala aktivitas di pusat keramaian seperti pusat pertokoan (mal) hingga perkantoran di Ibu Kota pun turut dibatasi.

Alhasil, masyarakat lebih memilih untuk berdiam diri dan melakukan rutinitas mereka di dalam rumah. Hal ini juga dibuktikan oleh hasil riset yang dirilis oleh Google pekan lalu.

Baca juga: Mal Ditutup karena PPKM Darurat, Tukang Servis HP Buka Lapak di Pinggir Jalan

Menurut laporan terbaru Google yang berjudul "Covid-19 Community Mobility Report", sebagian besar orang Indonesia masih memilih untuk tetap berdiam diri di rumah selama pandemi berlangsung, khususnya pada masa PPKM Level 4 di Jawa-Bali saat ini.

Sebagai informasi, PPKM adalah aturan pemerintah yang membatasi kegiatan masyarakat terkait potensi kerumunan, khususnya di wilayah Jawa-Bali.

Aturan ini mulanya berlaku sejak tanggal 3-20 Juli 2021. Namun, karena angka lonjakan kasus Covid-19 masih dinilai belum kondusif, akhirnya pemerintah kembali memperpanjang kebijakan PPKM ini hingga 9 Agustus 2021.

Kembali ke laporan Google, hasil riset itu juga menyajikan data tingkat kerumunan di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti data yang ditampilkan berikut ini:

Tingkat kerumunan masyarakat Indonesia berdasarkan laporan GoogleGoogle Tingkat kerumunan masyarakat Indonesia berdasarkan laporan Google

Retail dan rekreasi turun

Tingkat kerumunan ini dibagi menjadi enam kategori, yakni tempat umum dan rekreasi, pusat grosir dan apotek, taman bermain dan sejenisnya, stasiun dan terminal, kawasan bisnis, serta pemukiman.

Riset tersebut menunjukkan bahwa pergerakan masyarakat di bidang retail dan rekreasi, mengalami penurunan sebanyak 14 persen dari kondisi normal.

Kunjungan masyarakat ke sejumlah tempat terbuka yang bersifat umum juga mengalami penurunan. Menurut hasil riset Google, angka penurunannya mencapai 13 persen.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.