Apa Itu WhastApp Web dan WhatsApp Desktop, Bagaimana Cara Memakainya?

Kompas.com - Diperbarui 10/08/2021, 10:46 WIB
Ilustrasi Whatsapp Shutterstock/Antonio SalaverryIlustrasi Whatsapp

KOMPAS.com - WhatsApp merupakan sebuah layanan pesan singkat yang diluncurkan untuk pengguna ponsel Android dan iOS. Aplikasi ini populer digunakan untuk mengirim pesan, melakukan panggilan suara, hingga berbagi momen keseharian.

Namun, bagi Anda yang sering sering beraktivitas di depan layar komputer tentu sangat merepotkan untuk mengakses perangkat PC sekaligus menggunakan ponsel untuk mengirim pesan WhatsApp.

Kabar baiknya, WhatsApp menyediakan sebuah solusi untuk meningkatkan koordinasi layanan mereka dengan perangkat komputer, yakni melalui WhatsApp Web.

Baca juga: Cara Kirim Foto Sekali Lihat di WhatsApp

Apa itu WhatsApp Web

Lalu apa itu WhatsApp Web? WhatsApp Web merupakan sebuah layanan yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan WhatsApp di browser internet komputer, baik laptop maupun desktop.

Pengguna dapat mengirim dan membaca pesan secara langsung dari peramban (web browser) di komputer laptop/desktop, setelah mengaktifkan aplikasi WhatsApp di ponsel mereka.

Hal ini perlu dilakukan karena WhatsApp Web menggunakan mekanisme mirroring dari aplikasi WhatsApp yang terpasang pada ponsel pengguna. Perlu diingat bahwa WhatsApp sejatinya adalah aplikasi berbasis mobile.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Semua pesan terikat ke nomor telepon pengguna dan hanya disimpan secara lokal di ponsel, bukan di server WhatsApp. Oleh sebab itu, WhatsApp Web perlu mengambil pesan-pesan dari ponsel.

Ketika ponsel mati, maka WhatsApp Web akan secara otomatis berhenti menerima pesan. Pengguna juga tidak dapat mengirim pesan melalui layanan berbasis web ini.

Apa itu WhatsApp Desktop

Selain WhatsApp Web, terdapat cara lain untuk mengakses layanan WhatsApp di luar perangkat ponsel, yakni dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Desktop. Apa itu WhatsApp Desktop?

Secara keseluruhan, WhatsApp Desktop mengadopsi cara kerja yang serupa dengan WhatsApp Web. Beragam aspek lain seperti desain, tampilan antarmuka, hingga fitur yang tersedia sama persis dengan WhatsApp Web.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.