Kalahkan Facebook, TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Diunduh

Kompas.com - 10/08/2021, 09:12 WIB
Ilustrasi TikTok DOK. Shutterstock Ilustrasi TikTok DOK. Shutterstock

KOMPAS.com - Popularitas TikTok masih terus menanjak. Aplikasi media sosial berbasis video pendek ini belakangan bahkan dinobatkan sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh secara global, mengalahkan Facebook.

Hal tersebut diungkapkan oleh laporan yang dikompilasi oleh Nikkei dari perusahaan riset aplikasi mobile App Annie yang berbasis di AS. Biasanya, posisi puncak diduduki oleh Facebook. Namun kini jejaring sosial pimpinan Mark Zuckerberg itu ada di urutan kedua.

Disebutkan bahwa popularitas TikTok terdongkrak selama pandemi yang memaksa orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. TikTok pun memimpin dalam hal jumlah download di wilayah Eropa, AS, dan Amerika Selatan.

Baca juga: Cara Ganti Nama Akun di Instagram, TikTok, Facebook, dan Twitter

Meskipun merupakan yang terbanyak diunduh secara global, untuk wilayah Asia di luar China, TikTok masih berada di posisi kedua di bawah Facebook.

Sayangnya, laporan Nikkei tak merinci jumlah unduhan yang diperoleh TikTok atau aplikasi lainnya yang masuk dalam daftar aplikasi paling banyak diunduh secara global pada 2020.

Daftar 10 aplikasi yang paling banyak diunduh secara global pada 2020, menurut App Annie.Nikkei Asia Daftar 10 aplikasi yang paling banyak diunduh secara global pada 2020, menurut App Annie.
Bila dibandingkan dengan aplikasi lainnya dalam daftar, TikTok memang menjadi media sosial pendatang baru yang popularitasnya meleut dalam waktu singkat. Aplikasi dari perusahaan ByteDance asal China ini pertama kali dirilis ke pasar global sekitar bulan September 2017.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejak saat itu, TikTok terus mendulang popularitas di berbagai negara, termasuk di Amerika Serikat (AS) meski sempat menghadapi rintangan seperti ancaman pemblokiran. TikTok tetap berhasil menjadi aplikasi terbanyak diunduh di AS.

Baca juga: TikTok Uji Coba Fitur Mirip Instagram Stories

TikTok sebenarnya juga meraja di China, tapi dengan nama Duoyin yang merupakan versi lokal jejaring sosial tersebut dari ByteDance.

Tahun ini, TikTok berhasil menggeser popularitas Facebook Messenger, yang pada 2019 adalah  aplikasi yang paling banyak di-download di AS, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Nikkei Asia, Selasa (10/8/2021).

Daftar 10 aplikasi yang paling banyak diunduh di Amerika Serikat, menurut App Annie.NIkkei Asia Daftar 10 aplikasi yang paling banyak diunduh di Amerika Serikat, menurut App Annie.

TikTok diunduh 384 juta kali di 2021

Selain App Annie, laporan preliminary dari firma riset Sensor Tower juga menunjukkan hasil yang serupa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.