Pengguna Browser Firefox Merosot Tajam Selama 2 Tahun Terakhir

Kompas.com - 10/08/2021, 12:11 WIB
Mozilla Firefox XDA-Developers.comMozilla Firefox

KOMPAS.com - Peramban Mozilla Firefox kehilangan cukup banyak pengguna dalam beberapa tahun terakhir. Informasi itu termuat dalam Laporan Data Publik yang dimuat dalam situs resmi mereka.

Dari grafik yang disajikan, terlihat pada Desember 2018, jumlah pengguna aktif bulanan atau monthly active users (MUA) Mozilla Firefox mencapai sekitar 244 juta.

Jumlah tersebut turun signifikan pada Juli 2021 yang tercatat mencapai sekitar 196 juta pengguna aktif bulanan.

Sehingga, dalam kurun waktu kurang lebih 2,5 tahun, Firefox kehilangan sekitar 47 juta pengguna aktif bulanan. Adalah situs It's Foss yang pertama kali mengulik data tersebut, setelah membaca sebuah utas yang diunggah pengguna forum online Reddit.

Grafik perbandingan jumlah pengguna aktif bulanan Mozilla Firefox di bulan Desember 2018 (atas) dan Juli 2021 (bawah).Mozilla Firefox Grafik perbandingan jumlah pengguna aktif bulanan Mozilla Firefox di bulan Desember 2018 (atas) dan Juli 2021 (bawah).
Firefox agaknya harus lebih bekerja keras untuk bisa menyaingi dominasi peramban buatan Google, Chrome serta peramban Safari milik Apple.

Baca juga: Mozilla Tutup Firefox Send, Layanan Berbagi File Pesaing Google Drive

Sebagai perbandingan, menurut data GS Stat Counter, pangsa pasar Firefox pada Juli 2021 sebesar 3,45 persen. Jauh di bawah peramban Chrome yang memiliki pangsa pasar sebesar 65,13 persen, serta Safari yang memiliki pangsa pasar 18,64 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penyebab

Ada beberapa hal yang menjadi alasan merosotnya jumlah pengguna Firefox. Salah satunya adalah penetrasi mobile.

Seperti diketahui, peramban Chrome terpasang secara bawaan di perangkat Android, sistem operasi buatan Google.

Bahkan, Chrome menjadi peramban default di perangkat Android. Begitu juga dengan Safari yang terpasang secara default di perangkat Apple, seperti iPhone dan iPad.

Faktor lain yang ikut berpengaruh adalah Mozilla yang kerap menelurkan perombakan besar-besar-besaran sehingga berpengaruh ke pengalaman pengguna (user experience), sebagaimana KompasTekno rangkum dari Tom's Guide, Selasa (10/8/2021).

Halaman:


Sumber TomsGuide
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.