Kompas.com - Diperbarui 18/02/2022, 19:42 WIB

KOMPAS.com - Sebagai salah satu aplikasi perpesanan yang populer, WhatsApp memiliki segudang fitur. WhatsApp pun terus memperbarui aplikasi dan membuat fitur serta kemampuan anyar.

Namun belakangan ini ada banyak aplikasi WhatsApp hasil modifikasi bermunculan, atau kerap disebut sebagai WhatsApp Mod. Aplikasi tersebut membawa fitur yang bahkan tidak ditemukan di aplikasi WhatsApp resmi.

Ada beberapa nama aplikasi WhatsApp hasil modifikasi beredar di dunia maya. Salah satunya adalah YoWhatsApp.

YoWhatsApp serupa dengan WhatsApp GB atau WhatsApp Plus. Aplikasi WhatsApp ini dikembangkan oleh pihak ketiga, alias bukan aplikasi resmi dari pihak WhatsApp.

Menurut laman YoWhatsApp atau yang juga disebut sebagai YoWA, awalnya dikembangkan oleh Yousef Al-Basha.

Baca juga: WhatsApp Kena Hack, Apa yang Harus Dilakukan?

Namun, saat ini pengembangan aplikasi WhatsApp modifikasi itu diambil alih oleh Fouad Mokdad.

Fouad Mokdad sendiri diketahui juga mengembangkan aplikasi WhatsApp Mod lainnya, bernama FMWhatsApp.

Karena tidak resmi, pengguna tidak akan menemukan aplikasi YoWhatsApp di toko aplikasi Google Play Store, ataupun Apple App Store. Pengguna hanya bisa mengunduh YoWhatsApp lewat file APK dari situs pengembangnya saja.

Berdasarkan informasi di laman YoWhatsApp, saat ini aplikasi tersebut sudah memasuki versi 8.86 dengan update terakhir pada 30 April 2021.

YoWhatsApp  diklaim sudah diunduh sebanyak lebih dari 13,8 juta kali. Lantas apa yang membuat YoWhatsApp istimewa dan banyak diunduh?

Kelebihan YoWhatsApp

YoWhatsApp sendiri menawarkan setidaknya delapan fitur unggulan. Beberapa di antaranya memang absen pada aplikasi WhatsApp versi resmi.

Pertama, mengubah tema. Selama ini, WhatsApp versi resmi memang hanya memiliki satu tema default berwarna hijau yang menjadi ciri khasnya. Di YoWhatsApp, pengguna bisa mengubah tema default hijau itu dengan warna lainnya.

Kedua, mengirim video lebih panjang. Sejauh ini, pengguna WhatsApp resmi hanya bisa mengirimkan video dengan ukuran maksimal 100 MB. Sementara di aplikasi YoWhatsApp, pengguna disebut bisa mengirim video hingga 700 MB.

Baca juga: Digratiskan, WhatsApp Dapat Uang dari Mana?

Ketiga, YoWA menyediakan kunci aplikasi (lock app) bawaan dengan PIN, pola, atau fingerprint. Ini membuat pengguna tak perlu repot mengunduh lock app pihak ketiga untuk mengamankan chat di aplikasi WhatsApp miliknya.

Ilustrasi YoWhatsApp.Ist Ilustrasi YoWhatsApp.

Keempat, sembunyikan status online. Aplikasi YoWA menawarkan fitur bernama freeze last seen. Fitur ini memungkinkan pengguna berhenti menampilkan informasi terkait waktu kapan terakhir kali pengguna online, atau membuka WhatsApp miliknya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.