Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Umumkan Galaxy Z Fold 3, Tahan Air dan Mendukung Stylus S-Pen

Kompas.com - 11/08/2021, 21:05 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah dijejali dengan berbagai rumor, Samsung akhirnya resmi meluncurkan ponsel lipat terbarunya yang dinamai Galaxy Z Fold3 dalam acara "Galaxy Unpacked" yang digelar secara virtual, Rabu (11/8/2021) malam.

Smartphone lipat generasi ketiga Samsung ini merupakan penerus dari Galaxy Z Fold2 yang diperkenalkan September tahun lalu.

“Dengan Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, Samsung sekali lagi mendefinisikan ulang kemampuan yang dapat ditawarkan smartphone foldable bagi pengguna untuk menghadapi dunia yang serba cepat dengan fleksibilitas dan keserbagunaan yang dibutuhkan,” 

“Perangkat ini membekali konsumen dengan teknologi yang mampu melakukan cara-cara baru untuk memaksimalkan dan menikmati setiap momen,” ujar Dr. TM Roh, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics.

Galaxy Z Fold3 membawa sejumlah fitur anyar yang dinanti oleh para penggemar, salah satunya adalah tingkat ketahanan terhadap air dengan sertifikasi IPX8.

Artinya, ponsel lipat ini masih kuat apabila terjatuh atau terendam di air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Foldable device ini pun menjadi ponsel lipat pertama di dunia yang dibekali dengan fitur water resistance.

Masih di aspek ketahanan perangkat, Galaxy Z Fold3 juga diklaim lebih tangguh dibanding Galaxy Z Fold2. Layar utama (Main Screen) ponsel lipat ini kini dilindungi dengan lapisan film baru yang diklaim 80 persen lebih kuat dari generasi sebelumnya.

Kemudian, bingkai (frame) dan engsel (hinge) perangkat tersebut juga kini mengadopsi material Armor Aluminum yang diklaim 10 persen lebih kokoh dari Galaxy Z Fold2.

Selain itu, layar sisi luar (Cover Screen) dan punggung ponsel lipat teranyar Samsung itu sendiri kini dilindungi dengan lapisan kaca Gorilla Glass Victus yang diklaim pula 50 persen lebih tangguh dibanding Gorilla Glass 6.

Mendukung S Pen

Terlepas dari aspek ketahanan, Galaxy Z Fold3 juga kini, untuk pertama kalinya, mendukung aksesori stylus khas Samsung, S Pen yang bisa dipakai untuk mencatat, menggambar, hingga multitasking sejumlah aplikasi di Main Screen.

Ada dua jenis S Pen yang didukung ponsel lipat tersebut, yaitu S Pen Fold Edition dan S Pen Pro. Perbedaan mencolok di antara kedua S Pen tersebut adalah konektivitas dan perangkat yang didukung stylus tersebut.

Seperti namanya, S Pen Fold Edition hanya bisa dipakai di Galaxy Z Fold3 saja dan tidak dibekali dengan konektivitas Bluetooth. Meski demikian, stylus ini mendukung fitur navigasi Air Command.

Galaxy Z Fold3 dengan S Pen dipakai di aplikasi Samsung Notes.Samsung Galaxy Z Fold3 dengan S Pen dipakai di aplikasi Samsung Notes.

Sementara itu, S Pen Pro dibekali dengan konektivitas Bluetooth dan mendukung berbagai perangkat Samsung lainnya, seperti Galaxy Tab, Galaxy Book, hingga Galaxy Note Series.

Selain Air Command, S Pen Pro juga hadir dengan sejumlah fitur khas S Pen di Galaxy Note Series, salah satunya adalah Air Actions.

Tidak seperti Galaxy Note Series, Galaxy Z Fold3 tidak dibekali dengan tempat penyimpanan S Pen. Nantinya, aksesori tersebut akan bisa disimpan dalam case khusus ponsel lipat tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com